Memasuki musim pancaroba, menjaga kondisi sepeda motor menjadi suatu keharusan untuk memastikan kelancaran perjalanan dan keselamatan berkendara

Memasuki musim pancaroba, menjaga kondisi sepeda motor menjadi suatu keharusan untuk memastikan kelancaran perjalanan dan keselamatan berkendara

Otomatif206 Dilihat

Memasuki musim pancaroba, menjaga kondisi sepeda motor menjadi suatu keharusan untuk memastikan kelancaran perjalanan dan keselamatan berkendara. Kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi bisa memengaruhi dalam berkendara.

Untuk itu, simak delapan tips menjaga kondisi kendaraan sepeda motor saat musim pancaroba yang dikutip dari berbagai sumber, Senin (13/12/2023).

Tips Menjaga Kondisi Sepeda Motor Saat Musim Pancaroba

1. Periksa oli mesin
Oli mesin seperti darah pada kendaraan. Jika oli mesin sepeda motor berkurang atau kotor, mesin bisa rusak. Anda harus memeriksa dan mengganti oli mesin secara teratur sesuai dengan petunjuk pabrik.

2. Periksa kondisi ban
Ban adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan jalan. Ban yang aus atau rusak bisa menyebabkan kecelakaan. Anda harus memeriksa dan mengganti ban sesuai dengan jenis medan yang sering Anda lalui.

3. Rawat aki kendaraan
Aki merupakan sumber daya listrik sepeda motor. Aki yang lemah atau mati bisa membuat sepeda motor tidak bisa hidup. Anda harus memeriksa dan merawat aki dengan cara memastikan kencangnya kabel, memberi pelumas, dan menambah air suling jika diperlukan.

4. Filter udara
Filter udara adalah bagian penting dari sepeda Anda dan perlu dibersihkan secara teratur. Jika debu dan bahan lain tersangkut di dalamnya, maka asupan udara sepeda akan terpengaruh. Hal ini akan mengakibatkan pembakaran bahan bakar menjadi buruk yang pada akhirnya mengakibatkan kerusakan mesin.

5. Rutin mencuci motor
Penting untuk membersihkan sepeda motor secara teratur. Kotoran dan lumpur yang bercampur air dapat menyebabkan pitting atau korosi pada sepeda motor Anda dalam jangka panjang. Pastikan kendaraan Anda juga disimpan pada tempat yang teduh dan kering.

6. Perawatan mesin
Mesin adalah jantung sepeda motor. Mesin yang bermasalah bisa mengurangi kecepatan dan kenyamanan berkendara. Anda harus menyetel mesin sepeda motor secara teratur dengan cara membersihkan karburator, mengatur celah busi, dan mengganti busi jika perlu.

7. Ganti bantalan rem secara teratur
Menjaga bantalan rem sepeda yang benar sangat penting. Rem yang tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan kecelakaan. Anda harus memeriksa dan mengganti bantalan rem secara teratur dengan cara memastikan ketegangan kabel, mendengarkan suara gesekan, dan melihat ketebalan bantalan.

8. Perawatan rantai motor
Pemeriksaan rantai menjadi sangat krusial karena rantai berperan sebagai perantara tenaga dari mesin menuju roda belakang.

Rantai yang kendur atau aus bisa menyebabkan sepeda motor tidak bisa bergerak. Anda harus memeriksa dan merawat rantai dengan cara mengatur ketegangan, melumasi, dan mengganti rantai atau gigi jika diperlukan.