MEMPERINGATI HUT TNI AL KE-74 KRI TELUK SIBOLGA LAKSANAKAN OPEN SHIP

0 32

 

Natuna, Dalam rangka memperingati HUT TNI AL ke-74 Tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 10 September 2019, KRI Teluk Sibolga 536 melaksanakan kegiatan Open Ship bagi siswa siswi sekolah yang ada di Desa Sabang Mawang dan sekitarnya yang sedang bersandar di dermaga Posal Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, Selasa, (10/19).

Sedangkan kehadiran KRI Teluk Sibolga sendiri di perairan Natuna dalam rangka melaksanakan operasi pengamanan perbatasan pulau pulau terluar. Berkaitan dengan tugas tersebut kapal perang yang berjenis Landing Ship Tank ini,adalah dalam rangka pengisian bekal ulang setelah melaksanakan patroli laut di perairan Natuna dan sekitarnya.

Selanjutnya peserta kegiatan Open Ship terdiri dari MTs Al Hidayah, sejumlah 39 orang siswa dengan guru pendamping 5 orang.TK An Nushur Sabang Mawang Barat, sejumlah 22 siswa, dengan guru pendamping 3 orang. SD 003 Sabang Mawang Barat, Kelas VI 20 siswa, Kelas V 28 siswa, Kelas IV 2 siswa, dengan guru pedamping 6 orang. Dan SMA NEGERI 1 Tanjung Kumbik, 30 siswa, dengan guru pendamping 3 orang.

Kunjungan tersebut tiada lain bertujuan untuk menambah wawasan siswa siswi tentang Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut, selain itu juga untuk menumbuhkan semangat dan jiwa kebaharian serta dalam rangka pembinaan potensi maritim masyarakat pesisir khususnya generasi muda di wilayah Sabang Mawang dan sekitarnya.

KRI Teluk Sibolga 536 merupakan salah satu kapal perang TNI AL yang berada dibawah jajaran Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada I, yang merupakan kapal jenis kapal pendarat kelas Frosch, dan diberi nama menurut nama sebuah Teluk, yaitu Teluk Sibolga yang berada di Sumatera Utara.

KRI Teluk Sibolga 536 dibangun oleh galangan kapal VEB Peenewerft, Wolgast, Jerman Timur pada tahun 1977 untuk Angkatan Laut Jerman Timur, kemudian dibeli pemerintah RI untuk TNI Angkatan Laut dan masuk jajaran Armada Republik Indonesia pada tahun 1993.

KRI ini termasuk dalam paket pembelian sejumlah kapal perang eks Jerman Timur pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. KRI Teluk Sibolga 536 bertugas sebagai kapal pendarat bagi pasukan Marinir, juga sebagai kapal pengangkut logistik yang mempunyai kemampuan mendarat (beaching) dari laut ke bibir pantai langsung.

KRI Teluk Sibolga 536 dikomandani oleh Mayor Laut (P) Memet Kurniawan, M.Tr.Opsla, yang merupakan perwira TNI Angkatan Laut lulusan AAL Angkatan 48 tahun 2002.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ