Menchester City sukses mempermalukan tuan rumah Liverpool, 4-1, dalam partai Premier League

oleh -964 views

Menchester City sukses mempermalukan tuan rumah Liverpool, 4-1, dalam partai Premier League, Minggu (7/2/2021) di Stadion Anfield. Kemenangan ini membuat pasukan Pep Guardiola kian kukuh di puncak klasemen.

Dengan raihan 50 poin, Manchester City kini memuncaki klasemen dengan keunggulan lima poin atas pesaing terdekatnya Manchester United. Manchester City juga memiliki keunggulan karena baru tampil dalam 22 pertandingan, sementara Manchester United telah bermain 23 kali.

Manchester City mengawali kemenangan mereka dalam pertandingan di kandang Liverpool ini melalui gol Ilkay Gundogan pada menit ke-49. Liverpool sepat menyamakan skor melalui tendangan penalti Mohamed Salah. Namun tim tamu kemudian berhasil menambah tiga gol melalui Gundogan, Raheem Sterling dan Phil Foden. Dua kesalahan yang dilakukan kiper Liverpool Ederson menjadi penyebab gol ketiga dan keempat yang dicetak Manchester City.

728×90 Leaderbord

Ini merupakan kemenangan ke-15 bagi Manchester City. Sementara bagi Liverpool, ini merupakan laga kelima kalinya mereka gagal memetik poin. Pasukan Juergen Klopp kini berada di posisi keempat dengan raihan 40 poin, hasil dari 11 menang, 7 seri, dan lima kali kalah.

Di awal pertandingan, manajer Liverpool Juergen Klopp, menerapkan formasi 4-3-3. Dia memasang tiga penyerang terbaiknya yakni Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane di barisan depan.

Trio ini ditopang barisan tengah yang terdiri dari Thiago Alc√°ntara, Georginio Wijnaldum, dan Curtis Jones. Sementara duet di jantung pertahanan diisi Fabinho dan Jordan Henderson. Trent Alexander-Arnold dan Andy Robertson menjaga sisi kanan dan kiri pertahanan. Keempatnya akan menjaga kiper Alisson.

Sementara di kubu Manchester City, manajer Pep Guardiola, menurunkan formasi yang sama. Barisan penyerang diisi Riyad Mahrez, Raheem Sterling, dan Phil Foden.

Di posisi gelandang dipercayakan kepada Bernardo Silva, Rodri, serta Ilkay Gundogan. Sementara Ederson tetap menjadi kiper utama. Dia dikawal empat bek. Duet John Stones dan Ruben Dias menjadi andalan di sentral pertahanan. Mereka didampingi Joao Cancelo di sisi kanan dan Oleksandr Zinchenko di kiri.

Hingga 20 menit pertama tak ada peluang yang terjadi. Kedua tim tampak bermain sangat hati-hati. Tim tamu, Manchester City ternyata lebih mendominasi penguasaan bola, namun tak juga bisa membuat peluang.

Menit ke-24, Liverpool memiliki peluang emas ketika Sadio Mane menanduk bola, menyambut umpan Trent Alexander-Arnold. Namun sundulan mantan pemain Southampton itu melambung ke atas gawang.

Lima menit kemudian, Liverpool kembali mendapat peluang. Roberto Firmino melepaskan tendangan tepat ke arah gawang. Namun bola berhasil ditepis kiper Ederson.

Manchester City sebenarnya memiliki peluang emas ketika mendapat hadiah penalti pada menit ke-36. Hadiah tendangan dari jarak 11 meter diberikan setelah pelanggaran yang dilakukan Fabinho terhadap Raheem Sterling.

Namun Ilkay Gundogan yang menjadi algojo gagal melakukan tugasnya. Tendangan pemain Jerman berdarah Turki ini melambung ke atas gawang.

Wasit sempat meminta bantuan VAR untuk memastikan apakah Liverpool mendapat penalti. Namun wasit kemudian memutuskan tak ada hasiah penalti untuk pasukan Juergen Klopp. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, kebuntuan berakhir setelah Ilkay Gundogan berhasil menjebol gawang Liverpool. Gol pada menit ke-49 ini seolah menjadi penebusan kesalahan bagi pemain Jerman keturunan Turki ini. Dia sukses menjebol gawang Liverpool dengan kaki kanan dari jarak dekat.

Namun keunggulan Manchester City hanya bertahan 13 menit. Liverpool berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui tendangan penalti Mohamed Salah.

Liverpool mendapat hadiah penalti setelah pelanggaran yang dilakukan Ruben Dias terhadap Mohamed Salah. Pemain asal Mesir ini mengambil sendiri tendangan dari jarak 11 meter ini. Dia sukses memperdaya kiper Ederson. Dia mengarahkan bola ke sisi kanan kiper, sementara Ederson bergerak ke kiri.

Dominasi penguasaan bola Manchester City akhirnya kembali menghasilkan gol. Gundogan mencetak gol keduanya malam itu setelah memanfaatkan sodoran Phil Foden. Dia mencetak gol dengan kaki kanan dari jarak dekat.

Empat menit kemudian, Sterling juga mencetak gol. Dia menyundul bola umpan Bernardo Silva dari jarak dekat dan tak mampu diselamatkan kiper Alisson.

Keunggulan Manchester City kian lengkap saat Phil Foden juga menyumbang gol pada menit ke-83. Gol berawal dari umpan yang dikirim pemain yang baru masuk pada babak kedua, Gabriel Jesus. Sodoran dari pemain asla Brasil ini disambut dengan tendangan kaki kiri melambung ke arah tengah gawang yang tak bisa diantisipasi kiper Alisson.

Skor 4-1 bertahan hingga pertandingan usai.