Mengajak anak menghabiskan waktu liburan di rumah kakek dan neneknya?

Tips397 Dilihat

Menghabiskan waktu bersama kakek dan nenek memberi manfaat baik bagi anak dalam banyak hal seperti fisik, emosional, mental, dan sosial. Kakek dan nenek dapat menginspirasi nilai-nilai dan masa depan generasi muda. Mereka cenderung memberi nasihat, perhatian, dan cinta tanpa batas yang ditunjukkan dengan cara berbeda dari orang tua. Perasaan hangat dan bahagialah yang membuat anak merasa nyaman dan betah berlama-lama bersama nenek dan kakek mereka.

Mengajak anak menghabiskan waktu liburan di rumah kakek dan neneknya? Ide bagus! Agar mom lebih memahami apa manfaat kedekatan anak dengan kakek dan neneknya, baca selengkapnya di bawah ini melansir dari Motherly.

1. Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak

Membesarkan anak yang cerdas secara emosi adalah tujuan banyak orang tua. Untuk menggapai hal ini, libatilah kakek dan neneknya. Penelitian menemukan anak yang menghabiskan waktu lebih banyak dengan kakek dan nenek mereka mengalami masalah perilaku dan emosi yang lebih rendah. Bagi anak dengan orang tua bercerai, kehadiran kakek dan neneknya sangat membantu mengobati masalah mental.

2. Memberi Kebahagiaan Tanpa Batas

Tidak ada yang mampu memberi perasaan bahagia sama dengan kebahagiaan yang diberi kakek dan nenek. Anak mungkin terbiasa dengan kehadiran orang tua, namun kehadiran kakek dan nenek mereka terasa istimewa. Meski aktivitasnya terbilang sederhana, namun kebahagiaan yang dirasakan anak saat bersama kakek dan nenek mereka terasa berbeda.

3. Meningkatkan Kemampuan Sosial

Faktanya, dekat dengan kakek dan nenek membuat anak jadi pribadi yang baik hati dan pandai bersosialisasi. Berinteraksi dengan orang lanjut usia, meski itu adalah kakek nenek mereka, membuat anak memahami empati dan belajar menghormati orang lain. Hal ini berdampak positif pada perilaku mereka.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Kakek dan nenek lebih sering menunjukkan kasih sayang pada cucu mereka, baik dengan pelukan, perhatian, atau ucapan baik. Hal ini berpengaruh pada peningkatan oksitosin yang memberi perasaan bahagia. Pada akhirnya, kesehatan mental anak akan semakin baik.

5. Memperkuat Ikatan Keluarga

Melalui kakek dan nenek, anak akan mengetahui lebih banyak silsilah anggota keluarga karena cerita yang diberikan. Banyak anak malu untuk bertemu banyak orang, meski itu keluarga besarnya. Dengan membangun kedekatan bersama kakek dan nenek, anak akan lebih mudah untuk membangun kedekatan dengan anggota keluarga lain.

Meningkatkan kesehatan mental anak bisa dilakukan dengan membangun kedekatan dengan kakek dan neneknya. Selain manfaat bagi anak, hal ini juga memberi perasaan bahagia bagi kakek dan nenek yang dekat dengan cucunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *