Mengedukasi Anak Protokol Kesehatan, Perpustakaan Keliling Koarmada III Bantu Siswa Belajar di Alam Terbuka

oleh -195 views

Untuk membantu siswa belajar sekaligus menghilangkan rasa jenuh anak-anak selama proses belajar di rumah, Dinas Potensi Maritim Komando Armada (Dispotmar Koarmada) III mendatangi pedesaan dengan Perpustakaan Keliling setiap hari guna membantu siswa belajar di alam terbuka.

Pada hari Jumat (8/1/2021), Perpustakaan Keliling Koarmada III berada di Desa Katimin, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat. Setidaknya terdaftar 100 orang berkunjung. Tampak hadir Asisten Potensi Maritim Koarmada III Aspotmar Pangkoarmada III, Kolonel Marinir Budiarso, S.E., dan Kadispotmar Koarmada III Kolonel Laut (P) Eko Hariyanto, S.E., beberapa prajurit Koarmada III sebagai guru dan pembimbing.

Sebelum perpustakaan dibuka, anggota Dispotmar mengedukasi anak-anak tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Dengan ramah, prajurit Koarmada III membimbing anak-anak memakai masker, mencuci tangan, kemudian mengambil buku dan membaca agar selalu menjaga jarak minimal 1,5 meter. Anak-anak terlihat senang, bersemangat, dan terbantu dengan berbagai jenis buka bacaan yang tersedia.

Dispotmar Koarmada III setiap hari mempersiapkan kendaraan roda empat berisi ratusan koleksi buku bantuan Dispenal dan berbagai pihak untuk dibawa keliling desa di wilayah Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk membantu belajar sekaligus menghilangkan kejenuhan para siswa, selama mengikuti proses belajar di rumah yang ditetapkan pemerintah, sebagai dampak maraknya penyebaran virus Covid-19. Setelah sampai di lokasi pedesaan, Perpustakaan Keliling Dispotmar Koarmada III dibuka.

Anak-anak antri secara tertib mengambil buku dan membaca di alam terbuka, sehingga menghilangkan kejenuhan. Petugas Dispotmar Koarmada III dengan bahasa orang tua selalu mengingatkan anak-anak bergantian mengambil buku bacaan dan diminta tidak berkerumun.

Salah satu anak mengaku senang adanya perpustakaan keliling Koarmada III ini. Selama beberapa bulan tidak belajar di sekolah, sehingga tidak bisa mencari bahan bacaan di perpustakaan sekolah. Apalagi perpustakaan keliling ini pilihan bukunya cukup banyak dan lengkap.

728×90 Leaderbord

Menurut Aspotmar Koarmada III, Kolonel Marinir Budiarso, S.E., Perpustakaan Keliling Koarmada III berkunjung ke sekolah maupun desa untuk memberikan layanan baca di tempat maupun layanan peminjaman. Layanan perpustakaan keliling dilakukan terjadwal dan juga bisa dilakukan sesuai permintaan dengan mengirimkan surat pemberitahuan terlebih dahulu minimal satu minggu sebelum pelaksanaan layanan perpustakaan keliling.

Perpustakaan Keliling Koarmada III ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat, yang berada di daerah pedesaan, baik orang tua maupun usia sekolah. Dengan demikian, koleksi bukunya bermacam-macam, yakni buku teks atau buku pelajaran, buku teks pelengkap, buku penunjang, dan buku referensi, termasuk kuliner. Koleksi bukunya bermacam-macam, silahkan membaca dengan tenang di alam terbuka dan terapkan protokol kesehatan.

“Kehadiran perpustakaan keliling ini diharapkan dapat memupuk dan meningkatkan minat membaca anak-anak yang berada di wilayah Distrik Salawati. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 sekarang ini anak-anak butuh pelayanan buku pelajaran,” ujarnya. Diharapkan melalui budaya membaca akan menambah ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan anak, sehingga nantinya akan melahirkan generasi penerus bangsa Indonesia yang sehat, cerdas dan pintar.