Menjaga dan menyelamatkan bumi dari kerusakan terdengar sangat berat

oleh -216 views

Menjaga dan menyelamatkan bumi dari kerusakan terdengar sangat berat, padahal setiap orang bisa melakukannya dengan hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Itulah yang diungkapkan oleh aktivis lingkungan sekaligus artis Nadine Chandrawinata.

“Melindungi bumi itu mudah kok, tetapi memang intinya harus ada kemauan dari setiap individu. Hal yang harus kita tanamkan sejak dini adalah, setiap individu itu memiliki kewajiban untuk menjaga bumi, karena kita ini menumpang hidup di bumi. Kalau bumi rusak, udara tercemari kita tinggal di mana?,” terangnya dalam jumpa pers fitur GoGreener Carbon Offset oleh Gojek dan Jejak.in, Senin (14/9/2020).

Hal pertama yang bisa dilakukan menurut Nadine adalah menjaga sampah yang dihasilkan oleh setiap individu. Karena menurutnya, membuang sampah tidak pada tempatnya akan mengotori lingkungan dan berdampak pada ekosistem di sekitarnya. Jadi mulailah untuk memilah sampah sesuai dengan jenisnya.

Nadine pun memaparkan fakta menarik, bahwa menghabiskan makanan juga merupakan upaya kecil yang berdampak besar pada bumi. Hal tersebut dikarenakan, jumlah makanan yang terbuang ke tempat pembuangan sampah, secara signifikan berkontribusi terhadap pemanasan global yang terjadi selama ini.

“Salah satu kontributor emisi gas karbon dioksida terbesar adalah industri makanan. Jadi penting bagi kita untuk selalu menghabiskan makan kita setiap harinya,” terangnya.

Selain itu, selama di rumah seseorang juga bisa mencoba untuk menanam pohon di rumahnya. Mengingat, sebuah studi menyatakan bahwa cara paling efektif untuk memerangi pemanasan global adalah dengan menanam banyak pohon.

Untuk meningkat kesadaran untuk menjaga bumi dari pemanasan global, Nadine pun menyarankan setiap orang untuk menghitung jejak karbon. Caranya mudah, saat ini anak negeri telah membuat sebuah inisiatif yang memanfaatkan teknologi digital untuk menghitung jejak karbon yang dihasilkan dan kemudian mengonversi menjadi penanaman sejumlah pohon untuk penyerapan karbon.

728×90 Leaderbord

“Dengan fitur GoGreener Carbon Offset generasi milenial semakin mudah untuk membuat langkah kecil untuk bumi. Tidak perlu lagi repot untuk terus memantau perkembangan keadaan pohon kita di lapangan. Karena semuanya sudah ada yang mengurus, kita tinggal membeli pohon sesuai jejak karbon yang kita hasilkan saja,” tukasnya.