Menstruasi dapat menjadi tantangan bagi wanita yang hobi mendaki atau hiking

Menstruasi dapat menjadi tantangan bagi wanita yang hobi mendaki atau hiking

Tips40 Dilihat

Menstruasi dapat menjadi tantangan bagi wanita yang hobi mendaki atau hiking. Saat mendaki, penting untuk menjaga kebersihan dengan mengganti pembalut atau tampon secara teratur, membawa perlengkapan tambahan, dan membuang sampah (pembalut) dengan benar.

Dilansir dari laman Well and Good, Minggu (12/5/2024), penulis dan pakar backpacking Heather Anderson menjelaskan, alat untuk menampung darah menstruasi yang cocok bagi para pendaki wanita adalah menstrual cup.

Ia mengatakan, alat tersebut dapat menghemat ruang di dalam ransel. Sejumlah pakar kesehatan mengatakan, menstrual cup diklaim cukup aman dipakai hingga 12 jam khususnya bagi wanita yang hobi mendaki.

Kelly O. Elmore, MD, seorang dokter kandungan bersertifikat di San Diego mengatakan, menstrual cup perlu dikosongkan lebih sering tergantung seberapa banyaknya aliran darah yang keluar.

Sementara itu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengimbau, sebelum menggunakan alat tersebut pastikan untuk mencuci tangan.

Sedangkan untuk membersihkan menstrual cup, pertama, menggali dan mengubur dalam-dalam bekas kotoran (darah) yang sudah tertampung.

Kedua, cuci menstrual cup dengan sabun bebas pewarna dan pewangi, atau direbus dengan air bersih selama 5-7 menit.

Ketiga, apabila menstrual cup sudah tidak digunakan lagi, baiknya setelah dicuci bersih menyimpannya ke dalam kantong ziplock yang dilapisi lakban agar tetap bersih selama perjalanan.