Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan bahwa Elon Musk akan menjadi pembicara utama dalam kegiatan World Water Forum (WWF) 2024

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan bahwa Elon Musk akan menjadi pembicara utama dalam kegiatan World Water Forum (WWF) 2024

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan bahwa Elon Musk akan menjadi pembicara utama dalam kegiatan World Water Forum (WWF) 2024. Musk dijadwalkan untuk tampil sebagai pembicara pada Senin (20/5/2024).

“Dia akan menjadi pembicara utama dan setelah itu akan bertemu dengan presiden di acara pembukaan,” ungkap Luhut Binsar Pandjaitan di Pantai Surf Surf By The Wave, Kawasan Kura Kura Bali, Denpasar, Sabtu (18/5/2024).

Luhut mengungkapkan Elon Musk akan mendarat di Bali pada Minggu (19/5/2024) sekitar pukul 08.00 WITA dan akan mengikuti rangkaian acara yang telah disiapkan. Pada siang harinya, Elon Musk akan meluncurkan Starlink di salah satu puskesmas di Denpasar, bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Ini langkah bagus untuk memastikan daerah-daerah terpencil kita mendapatkan akses internet yang baik, yang akan bermanfaat untuk kesehatan dan pendidikan,” tuturnya.

Luhut juga menambahkan bahwa ia akan membahas berbagai hal dengan Elon Musk, termasuk kemungkinan investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Sangat mungkin (untuk investasi di IKN). Kami akan bicarakan besok setelah dia mendarat, ada beberapa hal yang akan kita bicarakan,” jelasnya.

Forum air terbesar dunia World Water Forum ke-10 pada 18-25 Mei 2024 berfokus pada empat hal, yakni konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).