Merawat dan mengasuh bayi harus didasari dengan perasaan sabar, tenang dan hau-hati

0 26

dnewsradio – Memiliki buah hati yang masih bayi bisa dibilang cukup menguras tenaga dan emosi. Apalagi jika bayi tidak mau tidur dan hanya mau digendong. Lelah, pusing dan frustasi bisa saja menyerang orangtua yang memiliki bayi terutama buat mereka para orangtua baru.

Merawat dan mengasuh bayi harus didasari dengan perasaan sabar, tenang dan hau-hati. Orangtua juga harus lebih cerdas untuk membuat bayi tetap tenang, nyaman dan tidur dengan lebih nyenyak. Kalau bayi tidur dengan nyenyak, tentunya ada waktu lebih banyak buat orangtua untuk istirahat bukan?

Melansir dari laman parents.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menidurkan bayi dengan cepat dan mudah. Bagaimana caranya?

Mandikan bayi secara teratur. Ketika bayi dimandikan secara teratur, ini akan membuatnya merasa lebih nyaman. Jika ia sudah nyaman, ia bisa tidur dengan lebih tenang, nyenyak dan cepat.

Ajak bayi berenang. Para ahli percaya jika bayi yang telah berusia di atas 2 bulan dan diajak berenang di dalam baby pool dengan air hangat akan membuatnya lebih tenang. Ini juga akan membuat bayi cepat tidur saat malam.

Beri pakaian yang nyaman. Usahakan memberikan pakaian yang nyaman buat bayi. Hindari menggunakan baju yang membuat bayi terlalu kedinginan atau sebaliknya terlau kepanasan. Pakaian yang nyaman membuat bayi lebih mudah tertidur.
Lakukan pijat bayi. Memijat bayi secara perlahan akan memberikan sensasi nyaman tersendiri. Memijat bayi akan membuat bayi lebih cepat tidur.

Pastikan untuk mengganti popok bayi sebelum tidur. Popok yang telah penuh dengan air seni atau tinja sangat membuat bayi tidak nyaman, Popok yang tak segera diganti juga memungkinkan bayi mengalami masalah kulit.
Aturlah suhu kamar sebaik mungkin. Jangan biarkan suhu kamar terlalu dingin atau pun terlalu panas.
Menyusui bayi sebelum tidur. Pastikan untuk menyusui bayi sebelum dia tidur. Bayi yang tidur dalam keadaan lapar karena belum disusui rentan rewel dan sudah tidur.

Tidurkan bayi di tempat tidur yang nyaman dan bersih. Tempat tidur yang kotor, bau dan tidak nyaman akan membuat bayi kesulitan tidur. Sebelum menempatkan bayi tidur, pastikan jika tempat tidurnya nyaman dan bersih.

Gendong dan elus-elus bayi. Untuk membuat bayi tertidur dengan cepat dan mudah, tidurkan dengan menggendong bayi. Elus-elus kepala, pelipis atau jidat bayi. Tepuk-tepuk lembut tubuhnya agar ia semakin nyaman dan tidur nyenyak.

Atur penerangan kamar bayi. Usahakan agar tidak terlalu terang. Buat kamar bayi agak redup. Pencahayaan yang redup bisa membuat kualitas tidur seseorang khususnya bayi semakin baik.

Itulah cara menidurkan bayi dengan cepat dan mudah. Selain cara di atas, hal yang perlu diingat lagi saat menidurkan bayi adalah buat suasana yang nyaman, tenang dan tidak berisik. Matikan juga alat elektronik termasuk gadgetmu di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ