Mewabahnya virus corona telah menghantam industri kreatif

oleh -101 views

Mewabahnya virus corona telah menghantam industri kreatif. Berbagai perhelatan konser musik terpaksa harus diundur atau dibatalkan karena pandemi yang telah menginfeksi 218.382 pasien di Indonesia per Minggu (13/9/2020).

Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) mendorong musisi nasional untuk tetap produktif meski di tengah pandemi Covid-19. Tampil di panggung virtual bisa menjadi sarana alternatif bagi musisi agar bisa menyalurkan kreativitasnya tanpa harus mengundang kerumunan.

Salah satunya adalah melalui konser First Festival Live yang digelar oleh PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media bersama BeritaSatu Media Holdings. Konser musik daring yang telah digelar sebanyak dua kali ini menghadirkan musisi-musisi Tanah Air termasuk band pop rock legendaris GIGI.

Selama dua episode berturut-turut, Kemparekraf memberikan dukungan penuh untuk First Festival Live sebagai sarana bagi musisi untuk tetap berkarya di masa pandemi melalui pemanfaatan perkembangan teknologi.

Menurut Presiden Direktur dan CEO Link Net Marlo Budiman, First Festival Live merupakan lanjutan dari program First Festival From Home, tayangan hiburan musik dengan konsep tematik.

“Acara ini dapat menghadirkan sensasi seakan sedang menyaksikan konser musik sesungguhnya, dimana selama pandemi ini belum dapat diselenggarakan guna mengikuti imbauan untuk tetap menjaga jarak dan menghambat penyebaran virus corona,” kata Marlo Budiman dalam keterangannya, Kamis (13/8/2020).

Adapun First Festival Live sudah berlangsung sejak bulan Agustus lalu dan akan digelar hingga Desember 2020. Konser akan ditayangkan setiap hari Sabtu minggu kedua setiap bulannya pada pukul 19.00 hingga 20.30 WIB.

728×90 Leaderbord

Penonton juga bisa menyaksikan konser musik baik di BeritaSatu TV, First Lifestyle channel #3, YouTube First Media World dan BeritaSatu maupun situs resmi First Media.

Tak hanya itu, First Festival memberikan kesempatan bagi penonton untuk berdonasi. Donasi yang terkumpulkan di setiap episode acara akan disalurkan ke Satuan Gugus Tugas Covid-19, serta masyarakat yang terdampak pandemi.

Saat ini, Kemparekraf juga tengah menggencarkan sosialisasi kampanye “Indonesia Care”. Gerakan ini mendorong semua tempat usaha untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan standar cleanlinesshealthsafetyand environmental sustainability (CHSE).

Diluncurkannya Indonesia Care merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk membantu meningkatkan kepercayaan publik dengan mendorong semua tempat usaha untuk sepenuh hati peduli akan kebersihan. Kampanye ini menjadi prioritas Kemparekraf untuk mengelola risiko-risiko kesehatan.