Mobil listrik menjadi salah satu inovasi di industri kendaraan bermotor

Mobil listrik menjadi salah satu inovasi di industri kendaraan bermotor

Otomatif272 Dilihat

Mobil listrik menjadi salah satu inovasi di industri kendaraan bermotor, begitu pula dengan kendaraan otonom atau kendaraan yang melaju dengan otomatis tanpa perlu sopir atau awak. bagaimana bila keduanya digabungkan? pasti penasaran bukan?

Mobil listrik bernama Jatayu yang dirancang oleh puluhan mahasiswa dari kampus berbeda, yakni Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jawa Timur dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Mobil listrik yang memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kwh dapat bertahan selama 5 jam. Kendaraan listrik ini berdimensi 3,5 x 2 meter dengan kapasitas penumpang 5 orang dengan formasi duduk 3 orang di belakang dan 2 orang di depan.

Mobil listrik bernama Jatayu ini dilengkapi beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS yang langsung terhubung dengan satelit, dan sensor light raeder yang digabungkan dengan kamera standart industri untuk big data analisis kemudian di proses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi yang tertanam dalam mobil.

Transportasi tanpa awak ini mempunyai kemapuan akselerasi, navigasi hingga dapat mendeteksi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

“Pembuatan mobil otonom atau mobil listrik tanpa awak tersebut merupakan pengembangan dari mobil listrik sebelumnya. namun mobil ini tidak bisa di pakai dalam ruangan, karena mobil ini langkah kerjanya memakai satelit sehingga kalau sinyalnya tidak ada maka tidak bisa berjalan, dan dalam mobil ini kami juga membuat sensor untuk halangannya,” ungkap Prof Dedid Cahaya Happyanto, dosen pembimbing, Jumat (7/7/2023)

“Pembuatan mobil listrik tanpa awak ini selama 6 bulan, dan hal ini merupakan tugas akhir kami untuk membuat mobil listrik otonom atau tanpa awak ini,” ujar Dewa Pramudiya, mahasiswa pencipta mobil listrik tanpa awak.

Melalui teknologi intelegent control, mobil listrik tanpa awak yang merupakan inovasi hasil kolaborasi para Mahasiswa di Surabaya ini bisa dimanfaatkan untuk mengantar barang atau lainnya ke seluruh kampus.

Prototype mobil listrik tanpa awak ini bila sudah dikembangkan dapat digunakan di jalan raya, maka mobi listrik tanpa awak tersebut rencananya akan diproduksi secara massal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *