Napoli akan menjamu wakil dari Spanyol

Napoli akan menjamu wakil dari Spanyol

Olahraga70 Dilihat

Napoli akan menjamu wakil dari Spanyol, Barcelona pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Kamis (22/2/2024) pukul 03.00 WIB. Tim tamu diprediksi pulang membawa poin karena tuan rumah sedang goyah.

Yup, gejolak sedang menimpa tuan rumah. Akhir pekan lalu dalam lanjutan Liga Italia, Napoli hanya bermain imbang 1-1 di kandang melawan Genoa. Hasil ini membuat Pelatih Walter Mazzarri didepak dari posisinya. Kondisi ini jelas bukan hal ideal ketika Partenopei akan menghadapi klub seperti Barcelona.

Mazzarri digantikan manajer tim Slovakia, Francesco Calzona. Calzona merupakan orang ketiga yang mengambil alih kursi panas Napoli musim ini. Pergantian pelatih ini mungkin bisa dimaklumi karena Napoli hanya duduk di peringkat ke-9 klasemen terpaut 27 poin dari pemuncak klasemen, Inter Milan.

Asa untuk mempertahankan gelar juara Liga Italia sepertinya harus dikubur dalam-dalam. Sebagai juara bertahan Serie A, performa Napoli memang payah. Jadi, Liga Champions bisa dikatakan satu-satunya jalan tersisa untuk Napoli berprestasi.

Situasi Napoli yang sedang tidak baik-baik saja ini menjadi pekerjaan berat buat Calzona. Sang pelatih harus bisa menghidupkan kembali pemain seperti Matteo Politano, Khvicha Kvaratskhelia, dan Victor Osimhen. Ketiganya sangat gahar ketika Napoli dipegang oleh Luciano Spalletti.

Berkebalikan dengan tuan rumah, Barcelona datang dengan kondisi bagus. Tim racikan Xavi Hernandez ini datang dengan kepercayaan diri tinggi setelah menang 2-1 di kandang Celta Vigo. Sudah begitu, Robert Lewandowski sedang on fire dengan mencetak 4 gol dalam 3 pertandingan terakhir.

Selain itu, Barcelona tidak terkalahkan di empat laga terakhir. Belum lagi catatan pertemuan kedua tim. Dalam enam pertemuan, Barcelona unggul empat kali dan dua kali imbang. Artinya, Napoli belum pernah mengalahkan Barca di turnamen Liga Champions.

Namun tentunya evaluasi tetap harus dilakukan Xavi. Musim ini di Liga Champions, Barcelona menderita 2 kekalahan yang semuanya terjadi di partai away. Belum lagi, Los Cules terbilang mudah kebobolan. Mereka hanya mencatatkan tiga clean sheet dalam 20 pertandingan terakhir. Hal ini menandakan betapa rapuhnya benteng pertahanan Blaugrana.

Melihat statistik dan pertemuan terakhir kedua tim, laga dipastikan berjalan sengit. Duel saat ini, Barcelona lebih diunggulkan untuk menang. Namun