Nelayan Morotai Hilang Saat Mancing di Rumpon Berhasil Dievakuasi KAL Wayabula

oleh -143 views

Seorang nelayan asal Desa Mandiri, Kecamatan Morotai Selatan, Pulau Morotai, Maluku Utara, bernama Abd Hasim (29 tahun) dilaporkan oleh keluarganya hilang saat mencari ikan di rumpon.
Berdasarkan keterangan pihak keluarga, korban pergi memancing di rumpon 02 yang ada di perairan laut Desa Wawama, Kecamatan Morotai Selatan, sekitar pukul 05.00 WIT, Kamis (21/10). Namun, hingga pukul 19.00 WIT malam, korban yang pergi memancing dengan perahu longboat belum juga Kembali ke rumah. Kemudian dari keluarga korban segera melaporkan Unit Siaga SAR Morotai untuk meminta bantuan SAR.
Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Morotai bersama Basarnas Kab. Pulau Morotai melaksanakan SAR Gabungan terkait laporan hilangnya seorang nelayan yang sedang melakukan aktivitas mencari ikan tersebut.
Menurut Komandan Lanal Motrotai Letkol Laut (P) Amin Wibowo, S.T., bahwa saat kejadian hilangnya nelayan a.n Abdul Hasim umur 29 tahun alamat Desa Mandiri Kec Morotai Selatan Kab. Pulau Morotai pada tanggal 21 Oktober 2021 sekitar pukul 05.00 WIT pada saat sedang mencari ikan di sekitar perairan Wawama dengan menggunakan 1 Kapal Jenis longboat, dikarenakan korban belum kembali dari memancing hingga pukul 19.00 WIT. Keluarga korban pun berinisiatif melaksanakan pencarian secara mandiri, dengan menggunakan 4 Kapal jenis long boat hingga pagi hari korban belum juga di temukan.

Selanjutnya berdasarkan informasi dari keluarga korban dan koordinasi Basarnas Kab. Pulau Morotai, Lanal Morotai menyiapkan KAL Wayabula III dan satu Unit RIP sekoci karet untuk melaksanakan SAR Gabungan.

Personil gabungan Basarnas sudah Onboat di KAL Wayabula sejak pukul 07.00 WIT, selanjutnya Kal Wayabula melaksanakan penyisiran sekitar Perairan Desa. Wawama sampai dengan Pulau Metita belum ditemukan tanda-tanda ditemukannya Korban,

“Tepat pada pukul 12.20 WIT, korban ditemukan oleh Kal Wayabula di titik koordinat Lintang: 1° 56,88518′ Bujur: 128° 14,78943′. Bersamaan ditemukan nelayan tersebut juga terdapat satu kapal nelayan dari pihak keluarga yang juga membantu melakukan pencarian dan mengevakuasi ke Kal. Wayabula,” jelas Letkol Laut (P) Amin Wibowo, S.T.

Setelah Korban dinaikkan ke Kal Wayabula, dilaksanakan pemeriksaan Kesehatan oleh Tim Kesehatan Lanal Morotai dengan hasil korban mengalami kelelahan dan kekurangan cairan tubuh. Selanjutnya, Korban diberikan makanan dan minuman yang cukup oleh crew KALWayabula untuk mengisi tenaga akibat kelelahan.

Menurut korban Abd Hasim bahwa perahunya mengalami kerusakan mesin dan kehabisan bahan bakar. Selanjutnya korban dan kapalnya ditarik oleh KAL Wayabula ke Dermaga Imam Lastori Daruba. Selanjutnya korban diserahkan kepada pihak keluarga oleh Komandan Lanal Morotai Letkol Laut (P) Amin Wibowo, S.T. Dan didapingi Kapal Pos SAR Morotai.
Kadispen Koarmada III, Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

No More Posts Available.

No more pages to load.