Noah akan menjadi grup musik pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Unreal Engine

oleh -1.166 views

Memanfaatkan teknologi yang tengah berkembang pesat, grup musik Noah akan menjanjikan konser antimainstream untuk penggemar setianya. Noah akan menjadi grup musik pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Unreal Engine (UE) dalam konsernya yang bertajuk #BEYONDmo.

Apa sebenarnya teknologi UE itu? Show director konser, Upie Guava menjelaskan, teknologi ini biasanya digunakan dalam industri aplikasi pengembangan permainan online (game engine online) dan dunia perfilman Hollywood untuk meningkatkan pengalaman berinteraksi secara virtual dalam berbagai efek visual fotorealisme secara detail, seperti pencahayaan, bayangan, efek partikel, cuaca, pantulan sinar dan kaya warna serta kontras.

Unreal Engine itu adalah software untuk game. Sejak dua tahun lalu sudah masuk ke ranah produksi, film, televisi, sudah dikembangkan untuk menggantikan fungsi greenscreen. Ini pertama kalinya dalam sebuah konser. Noah adalah band yang tepat. Kita hadirkan hybrid konser lah, konser tapi rasa video klip, ada sinematiknya,” terangnya dalam jumpa pers yang berlangsung daring, Rabu (5/1/2021).

Dengan kemutakhiran teknologi ini, Upie pun mengklaim bahwa, konser kali ini akan lebih memanjakan mata penonton dengan efek visual yang belum pernah ada di konser mana pun.

“Ini konser jadi tonggak sejarah, pasti yang dilakukan pertama kali pasti akan tercatat sebagai sejarah. Ini teknologi yang di masa depan akan jadi standar, banyak yang akan bergantung sama teknologi ini. Jadi menonton ini jadi wajib karena ini akan jadi yang pertama,” jelasnya.

Sementara vokalis Noah, Ariel, tak merasakan adanya kesulitan dalam konser yang menggunakan teknologi canggih tersebut. Akan tetapi, ia merasa adanya perbedaan dengan konser sebelumnya yang selalu digelar di panggung yang luas.

“Mungkin kemarin konsepnya itu jadi kami lebih dekat karena memang ruangan ya, jadi enggak bisa kayak panggung gede tapi, lebih dekat juga enggak masalah sih. Jadi ya kami sendiri enggak ada masalah, tinggal nyanyi dan perform saja,” terangnya.

728×90 Leaderbord

Pada pertunjukan tersebut, Noah akan membawakan lima lagu yang terdiri dari empat lagu dari album terbaru dan satu lagu lama. Konser Noah bisa ditonton lewat platform media streaming Vidio.com pada Sabtu, (9/1/2021) mulai pukul 20.00 WIB.