Pada usia 8 bulan, bayi ingin tahu tentang segala hal dan mempelajari keterampilan baru setiap harinya

Pada usia 8 bulan, bayi ingin tahu tentang segala hal dan mempelajari keterampilan baru setiap harinya

Tips92 Dilihat

Pada usia 8 bulan, bayi ingin tahu tentang segala hal dan mempelajari keterampilan baru setiap harinya. Mereka sedang melakukan pencapaian fisik dan perkembangan emosional. Saat ini, emosi bayi Sahabat Fimela menjadi lebih jelas. Selama beberapa bulan berikutnya, bayi mungkin belajar menilai dan meniru suasana hati, dan menunjukkan empati pertamanya. Misalnya, jika mendengar seseorang menangis, mereka mungkin juga akan menangis.

Saat ini, bayi mungkin sudah mengkonsumsi makanan padat serta ASI atau susu formula. Banyak bagi juga akan menikmati makanan ringan, seperti potongan buah dan sayuran yang direbus atau dikukus. Sahabat Fimela juga menjadi lebih sibuk saat bayi mulai bergerak dan menuntut lebih banyak rangsangan. Anak usia 8 bulan terkadang membutuhkan banyak kesabaran dan tenaga.

Banyak perkembangan yang menunjukkan kecerdasan bayi berusia 8 bulan, seperti merangkak, menunjuk benda, dan mengucapkan kata-kata. Mengutip dari pregnancybirthbaby.org, di bawah ini adalah ciri kecerdasan yang dimiliki bayi berusia 8 bulan.

 

 

1. Perkembangan fisik

Saat bayi berusia 8 bulan, mungkin ia sudah duduk dengan baik tanpa dukungan dan merangkak atau menyeret pantatnya. Namun, jangan khawatir jika bayi Sahabat Fimela tidak merangkak. Beberapa bayi tidak pernah merangkak dan langsung berjalan. Bayi di usia ini semakin kuat, membuat mereka dapat menarik diri ke posisi berdiri di atas furniture. Jaga keselamatan bayi dengan memastikan segala sesuatu yang berbahaya seperti kabel listrik, perabotan yang tidak stabil, atau minuman panas jauh dari jangkauannya.

Karena mereka sekarang sering berpindah-pindah, bayi berisiko melukai diri sendiri. Benturan merupakan hal yang wajar pada masa kanak-kanak. Tentu saja perlu membuat rumah yang aman, namun usahakan jangan terlalu protektif. Menjelajahi dunia dan menguji batasannya adalah bagian penting dari perkembangan bayi.

2. Perkembangan kognitif

Bayi akan mencari benda yang terjatuh atau tersembunyi dan mungkin bisa menunjuk benda dengan jari telunjuknya. Mereka dapat menjatuhkan benda dan akan belajar mengambil benda kecil menggunakan ibu jari dan jari pertama atau kedua. Mereka akan dapat mengambil benda dan memegangnya dengan kepalan tangan.

Saat bayi berusia 8 bulan, ia sering membenturkan benda, menjatuhkan barang, melemparkannya, dan memasukkan benda ke dalam mulutnya, serta mempelajari kegunaan benda tersebut. Penglihatan bayi juga akan meningkat dan persepsi kedalamannya hampir sama baiknya dengan orang dewasa. Bayi akan dapat melihat orangtuanya dari seberang ruangan dan mencari-cari jika menyebut namanya.

3. Perkembangan sosial

Bayi Sahabat Fimela akan menjadi lebih emosional dan menunjukkan tanda-tanda kecemasan akan perpisahan. Bayi mungkin menangis atau menjerit saat berpisah dari orangtua, dan menempel pada saat kamu mencoba pergi. Kecemasan akan perpisahan juga dapat membuat bayi lebih sulit tidur. Lambat laun, bayi kamu belajar bahwa orangtua akan selalu kembali dan ia mampu membangun kepercayaan dengan orang lain dalam hidupnya.

4. Perkembangan emosional

Saat bayi berusia 8 bulan, bayi akan merasa paling nyaman saat orangtua berada di dekatnya dan mungkin menjadi stres atau cemas jika Sahabat Fimela tidak berada di dekatnya. Bayi akan aktif bereksplorasi dan bermain saat bersamanya dan akan kembali kepadamu untuk mendapatkan pelukan orangtuanya.

Biasakan sekarang untuk menyatakan perasaan kamu dan perasaan anak dengan lantang sepanjang hari. Seiring waktu, hal ini dapat membantu memperkuat keterampilan pengaturan emosi bayi dan bahkan dapat mengurangi kemarahannya di kemudian lain.