PAHAMI BAGIAN-BAGIAN SENJATA, PRAJURIT KOLINLAMIL BERLATIH BONGKAR PASANG SENJATA

oleh -59 Dilihat

 

Jakarta, 11 Mei 2022 ——- Dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam memahami bagian-bagian senjata, Detasemen Markas Kolinlamil menggelar latihan bongkar pasang senjata Triwulan II tahun 2022 di Awning Utara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (11/5). Latihan bongkar pasang senjata yang diikuti perwakilan prajurit dari masing-masing satuan kerja ini menggunakan senjata laras panjang jenis SS-1 dan SS-2 serta pistol jenis G2 Combat dan Tanfoglio.

Komandan Detasemen Markas Kolinlamil Kolonel Laut (P) Saekhul Anwar saat membuka latihan menyampaikan bahwa latihan ini merupakan latihan rutin setiap Triwulan yang dilaksanakan secara terencana dan berkelanjutan. Tujuannya untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan dasar prajurit Kolinlamil dalam penggunaan senjata. Dengan latihan bongkar pasang senjata tersebut maka akan diikuti dengan proses pemeliharaan atau perawatan senjata itu sendiri.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma mengutarakan bahwa senjata menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan prajurit. Oleh sebab itu kondisinya harus dijaga dan dirawat agar setiap saat senjata bisa digunakan dengan baik tanpa ada kendala.

“Latihan bongkar pasang senjata ini bukan hanya sekedar membongkar dan memasang kembali namun harus memahami bagian-bagiannya dan mengetahui cara pemeliharaan serta perawatannya. Satu perangkat tidak ada atau tidak terawatt dengan baik, senjata tidak dapat digunakan.” tegas Panglima Kolinlamil.

Tidak ada prajurit yang hebat, yang ada hanyalah prajurit yang terlatih. Latihan harus diselenggarakan secara bertingkat, bertahap dan berlanjut agar setiap prajurit mampu mencapai standar kompetensi prajurit sesuai yang diharapkan. Hal tersebut merupakan implementasi dari perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi berbagai ancaman. (Dispen Kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.