Panda Security membagikan empat tips untuk tetap aman saat sedang online selama libur panjang. Apa saja?

Panda Security membagikan empat tips untuk tetap aman saat sedang online selama libur panjang. Apa saja?

Tips288 Dilihat

Jelang libur panjang Iduladha 2023, banyak masyarakat yang mulai merencanakan liburan mereka. Ya, liburan adalah waktu untuk bersantai. Tetapi penting untuk tetap waspada terhadap keamanan perangkat Anda. Pastikan Anda tidak membuat kesalahan dengan iPhone, Android, Facebook, atau WhatsApp selama libur panjang ini.

“Wisatawan tidak hanya perlu khawatir tentang pencurian selama liburan mereka, tetapi juga harus waspada terhadap keamanan digital mereka,” kata perusahaan keamanan siber Panda Security, dilansir dari The Sun, Sabtu (24/6/2023).

Panda Security membagikan empat tips untuk tetap aman saat sedang online selama libur panjang. Apa saja?

Wi-Fi Publik
Saat bepergian, Anda mungkin akan menggunakan jaringan Wi-Fi publik. Hal ini dapat terjadi di restoran, bandara, atau tempat umum lainnya. Namun, Anda harus berhati-hati karena ini membawa risiko.

Hacker memiliki cara untuk memantau lalu lintas data yang masuk dan keluar dari jaringan Wi-Fi publik,” kata Panda Security.

Lalu lintas data tersebut dapat mencakup segala sesuatu, mulai dari kata sandi pribadi hingga nomor jaminan sosial. Jadi, jika Anda berencana menggunakan Wi-Fi publik, perlu diingat bahwa segala sesuatu yang Anda bagikan di ponsel pintar Anda saat terhubung ke jaringan tersebut mungkin dapat diketahui oleh pihak ketiga dengan tidak sengaja.

Media Sosial
Tentu saja, Anda mungkin ingin membagikan pengalaman liburan Anda di media sosial. Namun, lakukanlah dengan hati-hati.

“Membagikan lokasi Anda dapat memberi tahu orang-orang jahat bahwa Anda sedang jauh dari rumah,” kata Panda Security.

Jadi sebaiknya tahan diri dulu. Pertimbangkan untuk hanya mengunggah foto dan video setelah Anda kembali ke rumah.

Temukan Perangkat Saya
Kehilangan iPhone memang sangat menyakitkan. Namun, kehilangannya selama liburan bisa membuat situasi semakin buruk.

Untungnya, ada fitur di Apple yang memungkinkan Anda melacak iPhone yang hilang, bahkan jika dalam kondisi mati. Aktifkan fitur seperti ‘Find My’ di iOS agar Anda dapat melacak perangkat Anda dalam situasi darurat, atau terutama jika Anda ingin berbagi lokasi dengan teman dan keluarga.

Untuk pengguna Android, Anda dapat menggunakan layanan Find My Device melalui google.com/android/find.

Akses Komputer Publik
Ketika kita berada di luar rumah, terkadang kita harus mengandalkan sumber daya publik. Ini mungkin termasuk penggunaan komputer publik, seperti di hotel tempat Anda menginap, di perpustakaan, atau di bandara. Namun, ini selalu memiliki risiko, jadi gunakanlah dengan hati-hati.

“Wisatawan harus berpikir dua kali sebelum memasukkan informasi sensitif atau menghubungkan perangkat USB ke komputer publik,” kata Panda Security.

Hacker memiliki kemampuan untuk mencatat semua informasi yang Anda masukkan dan menginfeksi perangkat yang terhubung. Jadi, berhati-hatilah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *