Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global telah memicu perubahan dan transformasi digita

oleh -447 views

Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global telah memicu perubahan dan transformasi digital untuk perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

Budaya kerja dari rumah atau work from home (WFH) yang selama ini diprediksi baru akan terjadi di masa depan, ternyata telah hadir jauh lebih cepat dari perkiraan.

Kondisi ini, memaksa perusahaan-perusahaan besar maupun bisnis kecil seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk melakukan akselerasi terhadap proses digitalisasi sistem kerja dan mentransformasi peran keamanan siber.

Kondisi ini, memaksa perusahaan-perusahaan besar maupun bisnis kecil seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk melakukan akselerasi terhadap proses digitalisasi sistem kerja dan mentransformasi peran keamanan siber.

Selasa (26/1/2021) menyebutkan, setelah terpukul oleh pandemi, sekarang ini denyut kehidupan telah sampai di fase baru, di mana bisnis telah kembali berjalan meski belum seperti sedia kala.

Perusahaan dan UMKM mencoba beradaptasi dengan tatanan hidup baru dan ini merupakan fase penting di mana semua pihak harus mengubah pola pikir yang awalnya hanya sekedar menjalankan, menjadi mempertahankan bisnis.

Mempertahankan dan memperkuat bisnis perlu lebih dari sekedar mengimplentasikan solusi untuk menjawab tantangan yang ada sekarang, tetapi juga memikirkan rencana jangka panjang agar tetap bertahan dari ancaman di masa depan dan cepat beradaptasi dengan tantangan baru.

728×90 Leaderbord

Hal ini juga berarti memikirkan bagaimana cara memperbaiki dan meningkatkan kapabilitas serta membangun infrastruktur digital yang aman, dapat membantu jalannya bisnis, dan melakukan otomatisasi proses bisnis.

Keamanan siber seringkali dipandang sebelah mata dan diperlakukan hanya sebagai pelengkap, bukan kebutuhan. Sekarang, dengan semakin majunya teknologi dan budaya kerja yang terkoneksi tanpa mengenal jarak, keamanan siber telah menjadi kebutuhan utama.

Cisco memiliki teknologi keamanan siber yang dapat membantu perusahaan atau UMKM untuk melindungi jalannya bisnis dari berbagai macam jenis ancaman siber, seperti Cisco Duo, Cisco AnyConnect (VPN), Cisco Umbrella, Cisco Secure Endpoints (AMP for Endpoints), dan Cisco SecureX.

Disrupsi atau gangguan bisnis akan selalu ada dan pasti akan terjadi di masa depan dalam berbagai macam bentuk. Pandemi di tahun lalu yang masih berjalan hingga kini bisa menjadi pelajaran penting bagi perusahaan untuk selalu siap melakukan respon cepat dan efektif ketika disrupsi ini terjadi.

Keputusan yang diambil oleh perusahaan untuk memperkuat bisnis mereka akan memiliki dampak yang signifikan terhadap ketangkasan, fleksibilitas, dan kemampuan beradaptasi untuk terus tumbuh memenuhi kebutuhan-kebutuhan di masa depan, termasuk juga perencanaan keamanan siber yang matang.

Dengan alat dan teknologi yang tepat, perusahaan akan memiliki fondasi yang kuat untuk mempercepat inovasi, memiliki keunggulan atas persaingan bisnis, dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan di masa depan.