Pangarmada II Tutup Latihan Peperangan Ranjau Tahun 2020

0 49

 

TNI AL.Koarmada II, 30 Maret 2020.Panglima Koarmada II, Laksda TNI Heru Kusmanto menerima paparan kaji ulang dan briefing akhir latihan peperangan ranjau TA. 2020, bertempat di GSB Satuan Ranjau (Satran) Koarmada II, pada Senin (30/03/2020).

Dalam sambutannya, Heru-sapaan karib Pangarmada II yang selama ini memantau langsung dan berdasarkan laporan rutin dari Palaklat, bahwa latihan terlaksana dengan baik, aman dan lancar sesuai tahapan yang ada dalam SOP dan doktrin peperangan ranjau, serta memegang teguh savety precaution yang telah ditetapkan.

“Saya selaku Dirlat percaya betul dengan kinerja dan kemampuan para perwira dan anggota Satran, Kopaska, Dislambair dan Pusnerbal, khususnya saat pelaksanaan sea phase. Palaklat dan Wasdal mampu membawa serta mengendalikan jalannya latihan di perairan Pasir Putih dengan aman dan selamat,” ungkapnya.

Heru juga berharap dengan selesainya latihan ini, tetap mampu mempertahankan kemampuan, keterampilan dan profesionalisme sebagai prajurit matra laut, yang sudah seharusnya mumpuni dalam bidang peperangan ranjau, mulai yang konvensional maupun modern, dari yang bersifat ofensif, defensif maupun protektif, baik pada tataran teknis, taktis maupun strategis”, ujar Laksda Heru.

Dalam briefing akhir tersebut, Panglima juga menyinggung tentang kondisi saat ini yang harus menjadi perhatian, karena adanya wabah Covid-19. Menurut Panglima, situasi sekarang menuntut prajurit untuk selalu memperhatikan pentingnya Social bahkan Physical Distancing dalam semua aktivitas demi kesehatan bersama.

“Demi kesehatan dan keselamatan semua, kita harus disiplin ketat menerapkan Social Distancing, Physical Distancing bahkan Social Media Distancing yang membuat psikis atau semangat kita menurun karena pemberitaan media yang ternyata setelah di-cross check ternyata Hoax. Untuk itu hati-hati dalam menerima, menterjemahkan suatu informasi.” ungkap Heru.

(Hdx/Pen2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ