Pangdam Jaya : TNI Polri Bentuk Lima Tim Kesehatan, Terkait Masuknya Ratusan WNA India Ditengah Pandemi

oleh -240 views

 

Lampumerah, Jakarta – Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman tegaskan sebanyak, 141 orang WNA India yang baru saja tiba di di Indonesia, menjalani karantina di Hotel Holiday Inn Tamansari, Jakarta Barat, terakhir diketahui 141 ternyata negatif Covid-19.

Bupati Pesawaran

Dalam hal ini, Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman menegaskan, Pangdam Jaya bersama Polda Metro Jaya dan Kementerian Kesehatan telah membentuk lima tim.

“Pembentukan lima tim ini terkait masifnya Warga Negara India (WNA) India yang masuk ke Indonesia di tengah Pandemi Covid-19.” ujar Dudung saat menerbitkan keterangan di lobby Hotel Holiday Inn Tamansari Jakarta Barat, Sabtu 24 April 2021.

Pangdam menjelaskan, Kelima tim itu memiliki fungsi masing-masing sebagai pertama tim pencarian, kemudian tim evakuasi, lalu tim kesehatan, tim penjagaan dan tim pendekatan hukum.

Dari hasil pendekatan yang dilakukan kelima tim itu, didapat ada 160 orang dari India yang masuk ke Indonesia di tengah ledakan kasus Covid-19 di India.

Ratusan WNA India tersebut masuk lewat China dan tiba di Indonesia, Dari 160 orang itu, 153 merupakan Warga Negara Asing (WNA) India dan tujuh orang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang pulang dari India dan telah menjalani swab test saat tiba di Indonesia.

Namun di ketahui Sebanyak 12 belas warga negara India yang positif Covid-19 diduga tertular saat di perjalanan dan masuk ke dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

Satgas Karantina Kesehatan Andita Indrawan mengatakan bahwa 160 orang dari India yang masuk ke Indonesia melalui China dipastikan sudah menjalani prosedur polymerase chain reaction (PCR) di negara asal mereka.

Saat tiba di Indonesia, seluruh WNA itu kembali menjalankan tes PCR. Hasilnya 12 orang yang merupakan WNA asal India dinyatakan positif Covid-19 yang saat ini menjalani isolasi di Hariston Hotel and Suites di Penjaringan, Jakarta Utara.

Andita menjelaskan sebelum terbang menggunakan pesawat, ratusan warga India itu juga menjalankan tes PCR, Namun selama di perjalanan, kemungkinan mereka tertular Covid-19 yang saat ini kasusnya melonjak di negeri Hindustan tersebut.

“Karena dalam perjalanan mungkin beliau berangkat dari rumahnya, diperjalanan bertemu dengan orang lain yang sudah terpapar atau positif tanpa gejala,” ujar Andita di temui di kawasan Tamansari Jakarta Barat, Sabtu 24 April 2021.

Andita menjelaskan Seluruh WNA asal India itu dipastikan masuk kategori OTG. Maka dari itu, tidak jarang beberapa di antaranya menolak saat dilakukan tes PCR ulang.

Sebab mereka merasa sehat saat tiba di Indonesia, untungnya Satgas dari TNI dan Polri terlibat dalam mengantisipasi apabila ada perlawanan dari WNA asal India.

“Karena itu tadi mereka merasa sehat padahal sebetulnya membawa virus yang apabila mengenai orang lain yang mempunyai komorbid atau penyakit bawaan sangat berbahaya,” ujarnya

Ke-12 WNA India yang positif Covid-19 itu menjalani isolasi di Hariston Hotel and Suites di Penjaringan, Jakarta Utara.

Mereka akan dikarantina selama 14 hari dan kembali jalani PCR di hari ke-13.

Apabila sudah dinyatakan negatif Covid-19, ke-12 WNA asal India dipersilakan ke tempat yang dituju di Indonesia atau menyelesaikan urusan dan kepentingan di Indonesia.

Andita memastikan bahwa ke-12 WNA asal India yang positif Covid-19 itu tidak akan dideportasi, karantina berlaku bagi warga India yang negatif Covid-19.

No More Posts Available.

No more pages to load.