Pangkoarmada I Buka Geladi Waskita Dharma Siswa Sesko TNI

oleh -203 views

 

Bupati Pesawaran

Panglima Koarmada I (Pangkoarmada I),Laksda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M. menghadiri pembukaan Geladi Waskita Dharma di Koarmada I Dikreg XLVIII Sesko TNI T.A. 2021 bertempat di Ruang Matjan Kumbang Mako Koarmada I Jalan Gunung Sahari Jakarta Pusat. Senin (3/5/21)

Dalam kegiatan tersebut, Pangkoarmada I menjelaskan bahwa Komando Armada I merupakan komando utama operasi dan pembinaan yang berkedudukan langsung dibawah Panglima TNI dalam bidang operasi serta berkedudukan dibawah Kasal dalam bidang pembinaan dan kesiapan tempur komando satuannya.

Implementasi tugas bidang operasi Koarmada I yakni melaksanakan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang disusun dalam Rencana Kontijensi atau Rentinkon Koarmada I yang disusun satu tahun sebelum pelaksanaannya.

Geladi Waskita Dharma sendiri merupakan kegiatan latihan yang dilaksanakan Sesko TNI dengan metode geladi posko untuk meningkatkan kemampuan Perwira Siswa Sesko TNI dalam menyusun Rencana Tindakan Kontijensi (Rentinkon), dimana yang menjadi sasarannya yakni seluruh Pasis mampu menganalisis perkiraan ancaman yang mungkin terjadi dengan berbagai tools analisis dan mampu merencanakan penggunaan kekuatan unsur Kotamaops TNI dan unsur kekuatan lainnya dalam menghadapi ancaman.

Selain dua hal diatas, di akhir pengantar, Pangkoarmada I juga berharap kepada seluruh siswa agar mampu menyusun alternatif cara bertindak kotamaops dalam menghadapi berbagai ancaman khususnya pada saat menangani bencana serta mampu menyusun Rentinkon Kotamaops yang komprehensif, Aplikatif, Konsisten serta Terpadu dan dapat dioperasionalkan.

728×90 Leaderbord

Dalam Geladi Waskita Dharma Dikreg XLVIII Sesko TNI T.A. 2021 di Koarmada I yang diikuti oleh 49 Pasis Dikreg XLVIII menerima paparan dari Asintel Pangkoarmada I, Asops Pangkoarmada I dan Paparan tentang situasi Kamtibmas Provinsi DKI Jakarta oleh Karo Ops Polda Metro Jaya, Kombes Pol Masrudianto, S.I.K, Kepala BMKG Provinsi DKI Jakarta serta Paparan terakhir yang disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D.

Dalam Paparannya Gubernur DKI Jakarta menjelaskan Strategi dan Kemungkinan Pemprov DKI dalam menghadapi dan mengatasi bencana terkait dengan banjir yang sering dialami di DKI. Selain memberikan Paparan, Gubernur DKI juga menjawab pertanyaan yang diajukan Pasis Dikreg XLVIII Sesko TNI T.A. 2021 sebagai bahan dalam menyusun Rencana Tindakan Kontijensi (Rentinkon).