Pangkoarmada III Cek Kesiapan Pagelaran Wayang Kulit di Kab Sorong Papua Barat Daya

Pangkoarmada III Cek Kesiapan Pagelaran Wayang Kulit di Kab Sorong Papua Barat Daya

Nasional536 Dilihat

 

TNI AL/ Koarmada III. Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) IIl Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) III Ny. Insani Rachmad Jayadi meninjau secara langsung latihan persiapan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-78 bertempat Satuan Pemukiman 2, Mairai, Aimas Kab Sorong Papua Barat Daya, dimana Pagelaran Wayang Kulit yang akan dilaksanakan oleh Koarmada III ini akan menampilkan Dalang Ki Adi Sumargo (Aimas) dan Ki Subardi (Katinim) dengan Lakon Banjaran Bima. Senin (18/09/23).

Banjaran Bima’ adalah lakon untuk memperkenalkan secara utuh laku hidup, karakter, sifat-sifat dan keteladanan tokoh Aria Bima. Sebagai lakon banjaran maka ‘Banjaran Bima’ mengisahkan kehidupan Aria Bima semenjak muda, dewasa, tua, hingga perjalanannya menapaki masa tua yang pasti dan tenang usai peperangan besar Baratayuda.

Lakon Banjaran Bima rencananya akan digelar di Pasar Mariat (Pasar Baru Aimas) Kabupaten Sorong, pada hari Jumat, 06 Oktober 2023 nanti, yang dimulai pukul 20.00 WIT dan terbuka untuk umum, sehingga masyarakat yang rindu dan menyukai pagelaran wayang kulit akan dapat menikmati pagelaran tersebut.

Dikatakan Pangkoarmada III, bahwa wayang kulit sebagai budaya khas Indonesia yang tidak hanya menjadi tontonan, tapi juga berisi tuntunan, selain itu wayang kulit merupakan kebanggaan bersama yang harus kita lestarikan, jangan sampai anak cucu kita tidak mengenali wayang ini.

Pangkoarmada III juga menyampaikan selain untuk melestarikan budaya asli Indonesia, pagelaran wayang kulit ini digelar dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-78 yang jatuh pada tanggal 05 Oktober setiap tahunnya, sekaligus sebagai wujud sinergitas TNI dengan semua komponen masyarakat.

Kadispen Koarmada III/ Kolonel laut (KH) R Doni Kundrat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *