Pangkoarmada III Motivasi Perwira Mengikuti Pendidikan

oleh -133 views

 

Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., bersama Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah melihat secara langsung sebanyak 18 Perwira Koarmada III melaksanakan tes kesegaran jasmani di lapangan upacara Mako Koarmada III, Jl. Bubara No, 1 Kel. Klaligi Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (20/10/2020). Para Perwira tersebut sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Pendidikan Reguler Sesko TNI dan seleksi Pendidikan Reguler Seskoal Tahun Anggaran 2021.

Sebelum tes kesegaran jasmani dimulai, Pangkoarmada III memberikan motivasi bahwa para Perwira telah eligible untuk mengikuti seleksi Pendidikan Reguler Sesko TNI dan seleksi Pendidikan Reguler Seskoal Tahun Anggaran 2021. Dengan demikian agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan menguasai materi seleksi, baik bidang akademik, psikologi, kesehatan, dan jasmani. Materi seleksi tersebut sesuai dengan kebijakan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Para Perwira melaksanakan tes kesegaran jasmani ini yang diawali pemeriksaan kesehatan, kemudian pemanasan. Selanjutnya, tes sesungguhnya yang dimulai lari terukur selama 12 menit dan kemampuan jarak tempuhnya untuk mengukur kecepatan dan ketahanan fisik serta mental tentunya. Tes ini juga untuk mengukur daya tahan jantung, peredaran darah, dan pernapasan.

Setelah instirahat sejenak, tes kesegaran jasmani tahap kedua, Pull Up yaitu gerakan diawali bergantung pada tiang horizontal kemudian menarik badan ke atas sampai dagu melewati tiang pegangan dan kembali turun sampai tangan lurus dengan kemampuan minimal 10 kali.

Kemudian dilanjutkan Sit Up selama satu menit untuk memperkuat otot perut dan posisi tangan dianyam di belakang kepala, pada saat bangun harus mencium lutut, mampu melaksanakan minimal 35 kali. Setelah itu seluruhnya melaksanakan Push Up yaitu gerakan badan naik turun dengan bertumpu pada kedua tangan dan kaki setidaknya 35 kali.

Materi tes terakhir Shuttle Run adalah lari membentuk angka delapan di antara dua tiang yang berjarak 10 meter sebanyak tiga kali putaran guna mengukur akselerasi dan kelincahan setiap prajurit dan diupayakan tidak lebih dari 20 detik. Para Perwira tersebut melaksanakan tes kesegaran jasmani dengan baik dan lancar dengan kemauan dan semangat yang menggelora.
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

728×90 Leaderbord