PANGKOGASGABRATMIN SAMPAIKAN PETUNJUK PERENCANAAN OPSRATMIN LATIHAN ARMADA JAYA 39 TAHUN 2021

oleh -109 views

 

 

Jakarta, 16 Juni 2021,Satya Wira Jala Dharma. Selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin), Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menyampaikan petunjuk perencanaan kepada Staf, pada E-Gladi Posko Latihan Armada Jaya 39 tahun 2021 di Makolat Kogasgabratmin, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (15/6).

Beberapa tugas yang harus dilaksanakan oleh Kogasgabratmin antara lain, melaksanakan operasi pendaratan administrasi guna mendukung pasukan pendarat untuk menghancurkan kekuatan musuh di daerah sasaran amfibi, merebut dan menguasai tumpuan pantai untuk mendukung operasi selanjutnya.

Dalam rapat perencanaan, Pangkogasgabratmin memimpin pembahasan mengenai sasaran pendaratan administrasi, tumpuan pantai, daerah pendaratan sampai dengan pantai pendaratan yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi untuk menghasilkan keputusan yang kemudian akan ditetapkan oleh pimpinan rapat yang dihadiri seluruh unsur dan staf.

“Kogasgabratmin melaksanakan operasi pendaratan administrasi pada hari ‘H’ jam ‘J’ selama beberapa hari di Pantai ‘T’ melaksanakan beaching (memantai) untuk menurunkan personel dan material tempur pasukan Kogasratgab, dan operasi pindah menurunkan personel dengan menggunakan LCU dan LCVP,” tegas Pangkogasgabratmin.

Skenario latihan tetap mempertimbangkan perkembangan situasi geopolitik di mandala operasi yang mengandung potensi konflik di wilayah negara RI.

Oleh karena itu, latihan ini sangat penting untuk disikapi secara bijak agar tidak menjadi ancaman nyata yang mengganggu kedaulatan negara Repubik Indonesia sesuai arahan Kepala Staf TNI Angkatan, Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M saat membuka Latihan Armada Jaya 39 tahun 2021. (Dispen Kolinlamil).

 

No More Posts Available.

No more pages to load.