Pangkoopsud I: ”Tanpa suatu latihan ibarat kita cuma bermimpi, tapi dengan latihan yang baik kita dapat hasilkan prestasi”.

Nasional1048 Dilihat

 

Jakarta, Penkoopsud I. “Tanpa suatu latihan ibarat kita cuma bermimpi, tapi dengan latihan yang baik kita dapat hasilkan prestasi”. Demikian disampaikan Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., dalam sambutannya saat memimpin upacara pembukaan Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I dan Trisula Perkasa Kopasgat Ta. 2023. Bertempat di Lapangan Upacara Makoopsud I. (Selasa, 23-5-2023).

Turut hadir dalam upacara tersebut, Irkoopsud I, Asops Korpasgat, Para Komandan Lanud, Para Pejabat Utama Makoopsud I, Para Komandan Wing Udara dan Skadron Udara Jajaran Koopsud I serta Komandan Wing dan Batalyon Kopasgat, Wasdal, Penilai, dan Para Pendukung Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I dan Trisula Perkasa Kopasgat Tahun 2023.

Dalam latihan ini mengangkat tema, “Koops Udara I dan Kopasgat yang Tergabung dalam Kogasudgab Melaksanakan Operasi Udara di Wilayah Koops Udara I dalam rangka Mendukung Tugas Pokok Kogab TNI”.

Latihan tersebut dilaksanakan melalui dua tahap yaitu gladi posko dan gladi lapangan. Untuk gladi posko dilaksanakan mulai 23 – 25 Mei 2023, dengan diakhiri Tactical Air Manuvering Game (TAMG) di Makoopsud I. Sedangkan untuk Gladi Lapangan akan dilaksanakan tanggal 28 – 29 Mei 2023 di Air Weapon Range (AWR) Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoedin (ASH) Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

“Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsud I dan Kopasgat, dalam merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara, guna menghadapi kemungkinan kontijensi yang akan terjadi di wilayah tugasnya serta mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan melatih interoperability antar satuan” ujar Alumni AAU ’93 dalam sambutannya.

Lebih lanjut Pangkoopsud I menegaskan bahwa, “Latihan ini merupakan ajang terbentuknya kepercayaan diri masing-masing, untuk memberi gambaran dalam penangkalan dan penindakan terhadap segala bentuk ancaman yang mungkin terjadi di wilayah Koopsud I dan sebagai bentuk mengasah lebih lanjut terkait naluri tempur para prajurit komando di jajaran Kopasgat”.

Menutup sambutannya Pangkoosud I menekankan kepada seluruh yang terlibat, “Laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh sesuai fungsi serta tugasnya. Perhatikan faktor keamanan dan keselamatan terbang dan kerja selama pelaksanaan latihan, karena salah satu faktor utama yang menandakan latihan berhasil adalah, terciptanya safety baik personel maupun meteriil dari semua item dan lini dalam pelaksanaan latihan tersebut,” tegas Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., menutup sambutannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *