PANGLIMA KOLINLAMIL INSPEKSI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK

oleh -106 views

 

Jakarta, 25 Februari 2021 ,Satya Wira Jala Dharma. Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla melakukan inspeksi untuk melihat situasi wilayah pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (25/2).

Orang nomor satu di Kolinlamil yang didampingi para pejabat utama melaksanakan inspeksi dengan menggunakan KAL Nirwana III.

Inspeksi wilayah kerja Kolinlamil yang juga sebagai pembina angkutan laut nasional ini dilaksanakan untuk melihat dan meninjau aktivitas sekitar pelabuhan mulai dari dermaga JICT I, JICT II hingga di sekitar Pondok Dayung.

Inspeksi ini juga untuk meninjau kapal-kapal perang Kolinlamil yang sandar di dermaga sekitar JICT seperti bekas KRI Tanjung Nusanive yang sudah purna tugas.

KAL Nirwana III yang mengangkut Panglima Kolinlamil menyusuri perairan dari sekitar Dermaga Kolinlamil menuju perairan Teluk Jakarta dengan perlahan sambil meninjau dermaga-dermaga sekitar pelabuhan, melihat-lihat situasi aktivitas kapal-kapal sipil yang berlalu lalang hingga menuju Dermaga Pondok Dayung.
Sebagai Kotama Operasi, selain sebagai pembina tunggal Angkutan Laut TNI, Kolinlamil juga sebagai pembina potensi Angkutan Laut Nasional guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara di laut.

“Sesuai Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia Kolinlamil merupakan Pembina tunggal Angkutan Laut TNI dalam hal ini TNI AD, TNI AL dan TNI AU. Sedangkan tugas lainnya sebagai pembina potensi angkutan laut nasional, Kolinlamil membina armada kapal pemerintah, armada kapal swasta dan kapal pelayaran rakyat beserta personel pengawaknya serta sarana dan prasarana yang meliputi; gedung, dermaga, fasilitas bongkar muat serta armada kapal” jelas Panglima Kolinlamil disela-sela inspeksinya.

728×90 Leaderbord

Pembinaan potensi Angkutan Laut Nasional dalam sistem Pertahanan Negara adalah pembinaan yang diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya personel Angkutan Laut Nasional yang disinergikan dengan kemampuan dan kekuatan Kolinlamil dalam mendukung tugas Angkutan Laut Militer pada kondisi Operasi Militer Perang (OMP) dan kondisi Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Sistem pembinaan yang dilakukan adalah melalui komunikasi sosial yang dilaksanakan kolinlamil (Staf Potensi Maritim) terhadap elemen komponen cadangan, sehingga diharapkan dapat menjadi bekal dalam memahami wawasan kebangsaan, sehingga mampu menjadikan elemen-elemen yang ada bersinergi dalam tujuan yang sama.

Pembinaan Angkutan Laut Nasional dilaksanakan sejak dini melalui pembinaan yang bertingkat dan berlanjut, sehingga peran Angkutan Laut Nasional senantiasa dalam kondisi siap apabila sewaktu-waktu dibutuhkan dan digunakan untuk terlibat dalam suatu bagian angkatan tugas (task force), sebagai kekuatan pengganda bagi Kolinlamil dalam mendukung tugas-tugas Angkutan Laut Militer yang meliputi pergeseran personel, material dan perbekalan pada operasi OMSP.

Pelaksanaan inspeksi ini juga sebagai bahan dalam mencari masukan untuk mendukung tugas pokok Kolinlamil, yang tentunya membutuhkan masukan-masukan dari stakeholder maritim lainnya. (Dispen kolinlamil)