PANGLIMA KOLINLAMIL TNI AL FOKUSKAN PEMBINAAN UNSUR-UNSUR KRI ASPEK PERSONEL SEBAGAI PENGAWAK KRI

oleh -98 views

 

Jakarta, 6 Juli 2021, Satya Wira Jala Dharma. Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Arsyad Abdullah dalam Rapat Staf dan Komando lingkungan Kolinlamil menggunakan vicon menyatakan pembinaan unsur-unsur jajaran KRI terfokus pada aspek personelnya sebagai pengawak KRI.

“Kolinlamil yang memiliki 3 satuan pelaksana memiliki kontribusi yang sangat tinggi dalam melaksanakan tugas angkutan laut militer,” ujar Pangkolinlamil kepada para peserta Rasko di Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta, Senin (5/7).

Hal ini menjadi sangat penting dalam eksistensi Kolinlamil karena sesuai Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI adalah sebagai pembina tunggal angkutan laut militer TNI.

Pembinaan personel para pengawak KRI atau prajurit KRI harus menjadi prioritas utama untuk menjaga profesionalitas Kolinlamil dalam melaksanakan tugas pokok pergeseran pasukan dan material satuan TNI.

Kolinlamil yang memiliki 3 Satuan pelaksana yaitu Satlinlamil 1 Jakarta, Satlinlamil 2 Surabaya dan Satlinlamil 3 Makassar tetap fokus pada tugas utamanya untuk membina kemampuan sistem angkutan laut militer, potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara, melaksanakan angkutan laut TNI dan Polri yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan. Tugas pokok itu baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis serta melaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka menunjang pembangunan nasional.

“Tugas utama kita sebenarnya dalam Serpas (Pergeseran Pasukan) dan Serlog (Pergeseran Logistik) serta membantu pengamanan perbatasan, pengamanan daerah rawan dan pulau terluar. Jadi kita akan optimalkan tugas itu” tandas pria asal Makassar tersebut.

Menyangkut alutsista, Pangkolinlamil memberi gambaran untuk optimalisasi operasional diperlukan sistem pemeliharaan dan perawatan yang terjadwal dan sistematis. Sehingga akan terpelihara dan selalu siap operasi.

“Sebagian unsur-unsur KRI kita yang sudah berusia lanjut harus tetap terpelihara dengan optimal karena masih dapat mendukung tugas pokok Kolinlamil. Meskipun juga sebagian ada yang masih tergolong muda namun pemeliharaan dan perawatan harus terjadwal,” katanya menambahkan.

Keberadaan Kolinlamil juga diharapkan dapat menopang visi pemerintah dan TNI AL dalam mewujudkan maritim yang jaya untuk Indonesia maju.

“Kita mendukung program pemerintah mewujudkan kejayaan maritim untuk Indonesia maju melalui sinergitas antara Kolinlamil dengan stakeholder kemaritiman. agar mampu menopang ekonomi nasional,” pungkas Laksda TNI Arsyad Abdullah.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Staf Kolinlamil, Inspektur Kolinlamil, para Asisten, Komandan Satuan, Kadis/Kasatker dan para perwira menengah yang diundang. (Dispen Kolinlamil).

No More Posts Available.

No more pages to load.