Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Serbuan Vaksinasi Covid-19 Di Banyuwangi

oleh -93 views

 

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 14 Oktober 2021Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si. meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi di RSNU Mangir Banyuwangi, yang di fasilitasi oleh TNI AL melalui Koarmada II bekerjasama dengan Pemkab Banyuwangi dan PCNU Banyuwangi.

Dalam kesempatan ini Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., dan Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han), juga Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Ketua PCNU H. Mohammad Ali Makki Zaini. ikut serta mendampingi peninjauan, Kamis (14/10/2021).

Selain dipusatkan di RSNU Mangir, serbuan vaksin juga dilaksanakan di 45 Faskes dan Puskesmas yang tersebar di 25 Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Sebanyak 16.000 dosis vaksin jenis Sinovac (Dosis 1 dan 2) digelontorkan untuk imunitas masyarakat Banyuwangi, dengan rincian 1.500 dosis di RSNU Mangir BWI dan sisanya 14.500 dosis tersebar di 25 kecamatan. Untuk sasaran vaksinasi terdiri dari Masyarakat Umum 10.500 orang, Mahasiswa 500 orang, dan Remaja berusia 12 hingga 17 tahun sebanyak 5.000 orang.

Demi tercapainya tujuan vaksinasi yakni mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi nasional, serta tercapainya Herd Immunity masyarakat Jawa Timur, sebanyak 573 orang Vaksinator diterjunkan. Mereka adalah gabungan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Koarmada II, Balai Pengobatan Lanal Banyuwangi, Polres Banyuwangi, Kodim Banyuwangi, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi.

Respon masyarakat Banyuwangi untuk mengikuti vaksinasi pun luar biasa. Hal ini diakui oleh Panglima TNI kala meninjau pelaksanaan vaksin di RSNU Mangir. Orang nomor satu di tubuh TNI ini berterima kasih dan bangga kepada masyarakat Kabupaten Banyuwangi karena antusias mereka mengikuti vaksin sangat luar biasa. Panglima TNI pun mengingatkan masyarakat yang hari ini melaksanakan vaksin dosis 1, agar menanyakan kepada petugas kapan dan dimana akan mendapatkan vaksin dosis 2.

“Sehingga masyarakat Banyuwangi nantinya setelah Dosis ke-2, akan benar-benar terlindungi dari bahaya Covid-19. Dan tentunya ekonomi kita akan terus meningkat. Sekali lagi saya ingatkan kepada seluruh masyarakat laksanakan vaksin dosis 1 dan 2 namun tetap kita menggunakan masker. Supaya tren yang saat ini sedang bagus-bagusnya, akan bisa kita tekan terus sampai angka yang paling bawah. Sehingga semua kegiatan masyarakat akan bisa berjalan dengan baik dan tidak terulang lagi kasus sampai puncak seperti bulan Juli dan Agustus silam dan sekarang sudah turun. Terima kasih atas kerjasama TNI-Polri beserta pemerintah daerah juga para relawan daerah atas kondisi saat ini, “ tegas Marsekal Hadi.

Usai meninjau kegiatan vaksinasi, agenda dilanjutkan dengan pemberian sembako secara simbolis kepada tiga perangkat desa di Kabupaten Banyuwangi yang terdampak Covid-19. Panglima TNI secara simbolis memberikan sembako kepada Camat Rogojampi Nanik Makrufi. Kemudian Kapolri memberikan hal serupa kepada Agus Solehudin selaku Kades Mangir. Sementara Kasal memberikan secara simbolis paket sembako kepada Kades Aliyan, Anton Sujarwo.

Selanjutnya Panglima TNI , Kapolri, Kasal dan seluruh pejabat yang hadir mengikuti dialog interaktif dengan perwakilan Puskesmas yang menyelenggarakan vaksin, diantaranya Puskesmas Sumber Agung, Puskesmas Kabat, Puskesmas Sobo Mas, Puskesmas Genteng Kulon dan Puskesmas Sempu Mas. Serta dialog langsung bersama Kyai sepuh, pengurus PCNU dan tokoh agama.

(Pen2)

No More Posts Available.

No more pages to load.