Para pemilih Portugal yang sudah terdaftar telah memberikan hak suara untuk pemilihan presiden meskipun negara itu diisolasi

oleh -667 views

Para pemilih Portugal yang sudah terdaftar telah memberikan hak suara untuk pemilihan presiden meskipun negara itu diisolasi pada Minggu (24/1). Pemilu ini diprediksi secara luas akan membuat petahana kanan-tengah Marcelo Rebelo de Sousa memenangkan satu masa jabatan lagi.

Jajak pendapat menunjukkan kemenangan putaran pertama untuk Rebelo de Sousa, mantan komentator politik yang berubah menjadi kepala negara yang mudah didekati rakyat. Dia dikenal karena momen-momen jujur ​​seperti mengantre di supermarket dengan celana pendek, terjun ke laut untuk membantu gadis-gadis yang kano terbalik atau berbagi makanan dengan tunawisma.

Tetapi pengamat memperhatikan bagaimana penantang sayap kanan akan tampil – dan apakah penurunan jumlah pemilih dapat menimbulkan kekecewaan.

Yang dipertaruhkan adalah jabatan dengan kekuasaan untuk membubarkan Parlemen dan mengadakan pemilihan baru – peran konstitusional yang sangat penting dengan pemerintahan yang kaku.

Portugal berada di bawah penguncian nasional kedua selama 10 hari terakhir yang bertujuan untuk mengerem lonjakan kasus virus corona.

Portugal mencatat jumlah kematian akibat virus corona harian dan jumlah infeksi baru pada Sabtu (23/1) yang membawa kematian menjadi lebih dari 10.000 kasus.

Lebih dari 80.000 infeksi dilaporkan dalam sepekan terakhir hingga Jumat, tingkat tertinggi di seluruh dunia sebanding dengan 10,8 juta orang, menurut perhitungan AFP berdasarkan angka pemerintah.

728×90 Leaderbord

Hampir setiap hari baru Portugal melaporkan rekor baru dalam jumlah kasus infeksi, dan pemerintah sekarang telah menutup sekolah selama dua minggu di atas toko-toko dan restoran.

Dalam pidato kampanye terakhir, Rebelo de Sousa – salah satu politisi langka yang sering disebut hanya dengan nama pengguna – kedekatan pemilih untuk mendukungnya pada putaran kedua.