PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-59 TA. 2021 MELAKSANAKAN KULIAH KERJA KEJUANGAN DI MONUMEN PANCASILA SAKTI

oleh -148 views

 

Seskoal, 19 Mei 2021,– Sebanyak 175 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 TA. 2021 yang terdiri dari 163 Perwira dari TNI AL, 2 Perwira dari TNI AD, 2 Perwira dari TNI AU, 4 Perwira dari POLRI dan 4 Perwira dari Mancanegara (Pakistan, Malaysia, Uni Emirat Arab dan Singapura) yang mengikuti Kuliah Kerja Kejuangan dengan mengunjungi Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (19/05).

Kuliah Kerja Kejuangan ini mengambil tema “Melalui Kuliah Kerja Kejuangan, Kita Tingkatkan Semangat dan Kesadaran Akan Pentingnya Nilai-nilai Kejuangan TNI Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Menuju Indonesia Tangguh”. Kegiatan ini merupakan salah satu Program Kurikulum yang harus dilaksanakan Pasis dan berada di bawah Program Pendidikan (Prodik) Departemen Kejuangan (Depjuang) Seskoal. Dalam kegiatan ini, rombongan dipimpin Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr. Opsla., Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CHRMP., CfrA didampingi Ketua Pelaksana Kuliah Kerja Kejuangan Kolonel Marinir Firman Johan yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Departemen Kejuangan (Kadepjuang) Seskoal, Dankorsis Seskoal Kolonel Marinir Etwin Ramadhan, S.E., M.Tr. Opsla., Wadan Korsis Seskoal Letkol Laut (P) M.B. Pandjaitan, S.E., M.Tr. Opsla., para Dosen dan Patun serta staf Depjuang Seskoal.

Setibanya di Monumen Pancasila Sakti, rombongan Seskoal yang terdiri dari para Pasis dan Perwira Penuntun serta Dosen Seskoal, langsung diterima Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) TNI Brigjen TNI Triwahyu Mutaqin Akbar, S.Sos. didampingi Kepala Monumen Pancasila Sakti Letkol Caj (K) Winarsih, S.Sos di depan Gedung Paseban. Dalam sambutanya Brigjen TNI Triwahyu Mutaqin Akbar, S.Sos. menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) yang telah memberikan kesempatan kepada para siswa Seskoal untuk berkunjung ke Monumen Pancasila Sakti, yang merupakan salah satu wahana kesejarahan di bawah naungan Pusjarah TNI. Wahana yang lain berada dibawah naungan Pusjarah TNI yaitu Museum Satriamandala di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, Museum Keprajuritan Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Museum Bhakti TNI di Mabes TNI Cilangkap. Brigjen TNI Triwahyu Mutaqin Akbar, S.Sos. dalam sambutannya menekankan bahwa keberadaan sebuah Bangsa yang besar lahir dari rangkaian sejarah yang panjang, seperti yang sering kita dengar bahwa sejarah adalah guru terbaik (Historia Vitae Magistra).

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E.,M.Si.,M.Tr. Opsla mengatakan sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI AL, Seskoal berperan dan bertugas mendidik, membekali dan mengembangkan kemampuan para Pasis untuk menjadi pemimpin yang mampu menjadi pemikir, perencana strategi pertahanan negara. Sebagai calon pemimpin, para Pasis diharapkan memiliki wawasan yang luas dari berbagai disiplin ilmu. Sesuai dengan tema tersebut maka sasaran dari kegiatan ini agar Pasis dapat menumbuhkembangkan pemahaman kesadaran akan pentingnya nilai-nilai kejuangan TNI terhadap persatuan dan kesatuan Bansa Indonesia. Dalam kegiatan Kuliah Kerja Kejuangan ini tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan menggunakan Hand Sanitizer, jaga jarak menghindari dari kerumunan untuk memutuskan virus Covid-19.

No More Posts Available.

No more pages to load.