PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-59 TAHUN 2021 KULIAH KERJA OPSKAMLA DI BAKAMLA RI

oleh -121 views

 

Seskoal, 31 Mei 2021, — Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 TA 2021 melaksanakan Kuliah Kerja Operasi Keamanan Laut (Opskamla) di Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dengan metode secara tatap muka langsung maupun virtual (video conference).

Dalam Kuliah Kerja Opskamla secara tatap muka langsung tersebut, Kabakamla RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S. Sos., M.M dan Pejabat Bakamla RI menerima langsung kedatangan Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han), yang didampingi Kakoordos Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., PSCJ., CHRMP., bersama Dosen Utama Operasi Kolonel Laut (P) Yanu Madawantp, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., Kadepops Seskoal Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra, M.Tr.Opsla., Dankorsis Seskoal Kolonel Marinir Etwin Ramadhan, S.E., M.M serta 2 Perwira Staf Depops Seskoal dan 18 Personel Perwakilan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA.2021, bertempat di Aula Bakamla RI Gedung Perintis Kemerdekaan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (31/05).

Pada kesempatan yang sama pula, Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021 mengikuti Kuliah Kerja Opskamla secara virtual dari Amphiteater Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan. Turut mengikuti secara virtual, Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., Seklem Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi CFRA, para Pejabat Utama dan Dosen Seskoal.

Kuliah Kerja Opskamla ini, merupakan salah satu program kurikulum yang harus dilaksanakan Pasis Dikreg Seskoal untuk menambah wawasan terkait Operasi Keamanan Laut sesuai dengan materi yang diterima dikelas. Dan Kuliah Kerja Ini dibawah tanggung jawab Kepala Departemen Operasi (Kadepops) Seskoal Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra, M.Tr.Opsla.

Adapun tema Kuliah Kerja Opskamla ini adalah Melalui Kuliah Kerja Opskamla Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke -59 TA 2021 Kita Tingkatkan Sinergitas TNI AL Dengan Bakamla RI Guna Mendukung Penegakan Hukum dan Penjagaan Keamanan di Laut Dalam Rangka Mewujudkan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mengawali sambutannya, Danseskoal mengucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada Kabakamla RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., beserta Pejabat Bakamla RI telah menerima rombongan Seskoal dalam rangka Kuliah Kerja Opskamla Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021.

Lebih lanjut disampaikan Danseskoal, Bakamla RI merupakan salah satu lembaga yang memiliki kewenangan di laut dan TNI AL merupakan institusi yang memiliki kewenangan dalam penegakkan hukum terhadap tindak pidana tertentu di laut. Dari deskripsi tersebut, maka diperlukan suatu sinergitas dalam pelaksanaan tugas-tugas sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Sementara itu, Kabakamla RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa Sinergi TNI AL dan Bakamla sangat erat juga senada dengan tren penegakan hukum kontemporer dimana peran Coast Guard di negara dunia semakin mengedepan. Demikian juga dengan Indonesia, pada masa damai Bakamla akan berada di depan dalam penegakan hukum dengan Backup TNI AL, peran ini akan bertukar seiring dengan peningkatan eskalasi dimana pada masa perang, TNI AL berada di depan dengan Bakamla sebagai komponen cadangan pengganda kekuatan.

Kegiatan ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan professional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

No More Posts Available.

No more pages to load.