PASIS DIKREG SESKOAL LAKSANAKAN KULIAH KERJA LUAR NEGERI KE VIETNAM DAN KOREA SELATAN.

INTERNATIONAL383 Dilihat

 

TNI AL, Seskoal, 19 Mei 2023.Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) melaksanakan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) yang terbagi ke dua tujuan, yaitu Vietnam dan Korea Selatan. Acara yang berlangsung pada tanggal 15-19 Mei 2023 ini diikuti oleh 118 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-61, dosen dan 19 pembimbing akademik yang terbagi ke dalam dua kelompok.

Selama lima hari KKLN, mereka mengunjungi beberapa instansi Pemerintah dan Markas Militer/Angkatan Laut kedua negara. Rombongan Seskoal yang melaksanakan kunjungan ke Vietnam dipimpin oleh Komandan Seskoal, Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP., dan diterima secara resmi oleh para pejabat Termasuk Duta Besar RI di Vietnam. Sementara rombongan KKLN tujuan Korea Selatan yang dipimpin oleh Kepala Koordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto., S.T., M.A.P., M.A., diterima secara resmi oleh para pejabat, termasuk Duta Besar RI di Korea Selatan. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan courtesy call sekaligus briefing dan konfirmasi situasi serta kondisi tempat tujuan.

Pada kunjungan ke Vietnam, para delegasi melaksanakan kunjungan ke berbagai tempat, diantaranya kunjungan ke KBRI Hanoi, 679th Coastal Missile Brigade of Vietnamese Navy, National Defence Academy Vietnam dan mengunjungi Cu Chi Tunnel. Sedangkan rombongan yang melaksanakan kunjungan ke Korea Selatan, berkesempatan mengunjungi ke KBRI Seoul, COMSUBFOR Jinhae Naval Base, Naval War College JFMU, Gyeongbokgung Palace dan Red Pine Tree Center.

Pada kesempatan tersebut, para Pasis selain mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan Pasis Sesko dari negara yang dikunjungi, juga berkesempatan mengikuti perkuliahan sekaligus diskusi antar kelompok. Berbagai fasilitas pendidikan dan perpustakaan juga menjadi obyek kunjungan untuk meningkatkan fasilitas pendidikan yang dimiliki Seskoal. Tak ketinggalan, diskusi antar dosen juga dilaksanakan, guna membandingkan kurikulum dan juga mencari berbagai peluang untuk melaksanakan joint research, visiting professor, dan directing staff exchange. Para Perwira Siswa juga memperoleh kesempatan untuk mengambil data dan wawancara para pejabat negara/militer negara-negara tersebut guna melengkapi penyusunan tesis. Kedepan, rencana kerja sama juga diproyeksikan sebagai bagian terintegrasi bagi Seskoal untuk meraih akreditasi internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *