Pastikan Sehat Pasca Libur Nataru, Personel AAL Jalani Tes Sweb Antigen

oleh -218 views

 

Surabaya, (4/1).Hari pertama masuk kantor pasca liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), seluruh personel Akademi Angkatan Laut (AAL) dipastikan kesehatannya dengan menjalani test Sweb Antigen untuk menghindari dan diteksi awal dari paparan virus Corona, yang digelar di gedung Mandala, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (4/1).

Hal tersebut sesuai dengan perintah Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M. Tr (Han) yang melanjutkan penekanan KASAL, Laksamana TNI Yudho Margono, S.E., M.M., untuk tetap fokus dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah kerjanya, khususnya di lingkungan AAL.

“Test Swab ini dilakukan bagi seluruh prajurit dan PNS AAL di hari pertama dinas setelah kembali dari melaksanakan libur bersama Natal dan Tahun Baru, guna memastikan bahwa mereka benar-benar bersih dari paparan Covid-19,” ungkap Gubernur AAL.

Menurut Karumkital M. Nainggolan AAL Mayor Laut (K) drg. Sophian Abdurrahman, Sp.KG. selaku Ketua Pelaksana Test Swab mengatakan, test Swab bagi anggota tetap AAL ini dilaksanakan oleh tenaga kesehatan Rumkital M. Nainggolan AAL bekerja sama dengan personel Subditkes Ditpers AAL.

Test Swab dilakukan setelah pelaksanaan apel pagi di depan gedung Mandala. Kemudian personel AAL ini dibagi dalam beberapa kelompok per Satuan Kerja diatur bergiliran dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum dan setelah pelaksanaan test.

“Test kali ini menggunakan jenis Test Swab Antigen dengan metode swab atau usap untuk mengambil sampel dari sekresi hidung dan tenggorokan, test ini dapat mendeteksi virus corona dan memberikan hasil diagnosis yang cepat, yaitu dalam waktu 15 menit,” terangnya.

728×90 Leaderbord

Test ini lanjutnya, juga dilakukan sebelum antap AAL tersebut masuk ke kantor atau ruang kerja masing-masing, mereka harus melaksanakan test Swab terlebih dahulu di gedung Mandala yang tidak jauh dari Penjagaan Utama AAL.

Dari hasil test tersebut tambah Karumkit, jika diketahui hasilnya positif, personel bersangkutan akan diwajibkan melakukan pemeriksaan lanjutan di Rumkital M. Nainggolan AAL, sebelum melaksanakan isolasi mandiri di rumah masing-masing, sementara itu bagi personel dengan hasil test negatif dapat melanjutkan aktifitas dinas di satuan kerjanya masing-masing.