Pasukan Katak Komando Armada III Circuit Training

oleh -119 views

Suasana Dermaga Mako Komando Armada III Jl. Yos Sudarso Katapop, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat, Kamis (18/2/2021) pagi hingga siang lebih ramai dari biasanya. Ramai hilir mudik prajurit Satuan Komando Pasukan Katak sedang latihan rutin Circuit Training.

Menurut Komandan Satkopaska Koarmada III, Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari P., M.Tr. Hanla., Circuit training ini adalah program latihan berinterval yang didalamnya menggabungkan aerobic, kelenturan, dan kekuatan fisik untuk meningkatkan kekuatan, kelincahan, dan daya tahan tubuh.

Sebagai prajurit Matra Laut, Circuit Training ini dilaksanakan oleh Kopaska di laut dan darat sebagai sarana membangun jiwa korsa dan meningkatkan semangat juang prajurit Kopaska. Kegiatan ini dilaksanakan secara berpasangan untuk menumbuhkan jiwa korsa dengan mengutamakan faktor kerjasama dalam setiap kegiatan. “Dengan materi renang laut, kemudian digabungkan dengan lari, push up, sit up, mengangkat barbel, menarik ban, wheeling roller, dan pull up,” tegasnya.

Saat ini, Kopaska TNI AL terbagi menjadi tiga Komando yakni, Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada I di Pondok Dayung, Jakarta Utara; Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada II di Surabaya; dan Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada III di Sorong. Semboyan Pasukan Khusus TNI AL ini adalah “Tan Hana Wighna Tan Sirna” yang berarti “tak ada rintangan yang tak dapat diatasi”.