Peduli Pada Sesama Pangkalan Utama TNI AL V Gelar Bakti Sosial Donor Darah

oleh -110 views

 

Dilatarbelakangi tingginya permintaan pasokan darah khususnya di masa pandemi covid-19, serta peristiwa bencana alam yang melanda beberapa wilayah di Tanah Air, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V menggelar Bakti Sosial Donor Darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, Rabu (10/02), bertempat di Mako Lantamal V, Tanjung Perak Surabaya. Kegiatan ini dibuka oleh Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc., Sc.

Diungkapkan oleh Komandan Lantamal V bahwa, menyadari stok darah di Surabaya dan Gresik saat ini menipis, maka jajarannya menggelar Bakti Sosial Donor Darah bagi Prajurit, PNS dan Jalasenastri Lantamal V. “Hal ini untuk membantu sesama yang membutuhkannya, semoga bermanfaat bagi masyarakat dan para prajurit akan semakin sehat dengan mendonorkan darahnya secara rutin”, tegas Danlantamal V.

Senada dengan itu, diungkapkan oleh Kepala Tranfusi Darah PMI Kabupaten Gresik dr Jufrina Endryana bahwa, saat ini stok kantong darah di wilayahnya dalam kondisi minim. Diketahui bersama, pada masa pandemi aktivitas sangat terbatas, dan saat ini permintaan akan pasokan darah melonjak. “Syukur Alhamdulillah pagi ini PMI dapat diundang untuk bekerjasama dengan jajaran TNI AL Lantamal V pada kegiatan Donor Darah, semoga akan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya”, kata dr Jufrina.

Dalam Bakti Sosial ini, Lantamal V mengerahkan lebih dari 300 pendonor yang merupakan Prajurit TNI AL, PNS serta anggota Jalasenastri. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Dinas Kesehatan Lantamal V bekerjasama dengan PMI Cabang Surabaya dan PMI Cabang Gresik. Pada pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan sebelumnya seluruh pendonor telah melaksanakan rapid test guna mencegah penyebaran covid-19.