Pelacak Zikir dan Audio Terjemahan Alquran

oleh -386 views

Bulan Suci Ramadan sudah ada di depan mata. Untuk itu, banyak pihak yang mulai berbenah untuk mempersiapkan diri. Termasuk aplikasi digital Muslim Pro yang menjadi andalan kaum muslim dunia.

Dalam kampanye tahunan “100 Hari Jelang Ramadan”, Muslim Pro menghadirkan dua fitur baru di aplikasi tersebut, yaitu Pelacak Zikir dan Audio Terjemahan Alquran.

Para pengguna Muslim Pro kini bisa mengatur target zikir mereka dan melacaknya dalam fitur Tasbih di aplikasi. Zikir adalah cara paling ampuh dan langsung untuk memperkuat hubungan umat Muslim dengan Allah SWT. Fitur baru ini dihadirkan untuk merespons banyaknya permintaan dari kaum Muslim di seluruh dunia.

Dengan adanya rekaman audio, para pengguna juga bisa mendengarkan bagaimana zikir diucapkan dan mengikutinya sambil memenuhi target zikir masing-masing.

“Muslim Pro fokus pada kepentingan umat dan menginspirasi kaum muslim untuk memperkuat komunitas mereka. Inilah semangat yang memotivasi kami untuk terus memperbaiki aplikasi Muslim pro. Kami ingin fitur baru ini untuk mempermudah dan memfasilitasi praktik keagamaan dan kewajiban umat Muslim. Seperti audio terjemahan Alquran misalnya. Itu akan membuat tiap umat Muslim di dunia dapat mendengarkan terjemahan Alquran dalam bahasa yang tersedia di aplikasi kami. Sedangkan fitur Pelacak Zikir akan mendorong umat untuk meningkatkan ibadah mereka kepada Allah SWT, di mana pun mereka berada,” tutur Head of Community Muslim Pro, Zahariah Jupary, dalam keterangan yang diterima Beritasatu, Selasa (2/3/2021).

Sedangkan fitur Audio Terjemahan Alquran membuat para pengguna mampu mendengarkan terjemahan Alquran setelah bacaan ayatnya dalam bahasa Arab. Untuk meningkatkan aksesibilitas aplikasi tersebut bagi para pengguna di berbagai negara, Muslim Pro telah mengintegrasikan teknologi text-to-speech dalam fitur Alquran.

Dengan fitur ini, para pengguna bisa mendengarkan terjemahan Alquran dalam berbagai bahasa. Audio terjemahan Alquran akan dimainkan sesaat setelah versi bahasa Arabnya dibacakan, ayat per ayat.

728×90 Leaderbord

Saat ini, Muslim Pro memiliki sekitar 70 terjemahan, di mana beberapa bahasa memiliki lebih dari satu versi terjemahan.

Zahariah menambahkan, kedua fitur baru ini adalah bagian dari komitmen Muslim Pro untuk mengutamakan penggunanya terlebih dulu dalam segala hal yang mereka lakukan.

“Kami juga selalu mendengarkan komunitas kami dan memperbaiki aplikasi untuk mendukung ibadah umat Muslim,” tambahnya.

Selama pandemi, ia memperhatikan, banyak umat Muslim yang menggunakan aplikasi tersebut. “Kami melihat tingginya tingkat penggunaan Muslim Pro selama periode pandemi. Jadi kami tahu bahwa aplikasi ini membantu masyarakat untuk berpegang teguh pada imannya,” ujar Zahariah.

Saat ini, aplikasi Muslim memiliki aneka fitur termasuk Jadwal Salat dan Azan, Alquran dalam versi audio, Petunjuk Restoran Halal dan Masjid, Penunjuk Arah Kiblat, Kalender Hijriah, Kalkulator Zakat, Konten Inspirasi Harian, Pelacak Puasa dan Salat, serta Doa Harian dan Ayat-ayat Populer.

“Setiap hari, kami fokus untuk menciptakan aplikasi yang lebih baik, yang relevan dan berguna untuk umat Muslim. Fitur Haji Virtual yang diluncurkan tahun lalu saat musim Haji sangat berguna untuk kaum Muslim yang tidak bisa beribadah haji ke Mekkah. Fitur itu sangat relevan dengan masa-masa pandemi ini,” tutur Zahariah.