Pelantikan presiden Amerika Serikat memiliki sejumlah catatan unik dan bersejarah

oleh -488 views

Pelantikan presiden Amerika Serikat pada Rabu (20/1/2021) waktu setempat akan memiliki sejumlah catatan unik dan bersejarah.

Pertama, Joe Biden presiden paling tua yang dilantik untuk masa jabatan pertama. Kedua, Kamala Harris akan menjadi wakil presiden perempuan pertama di Amerika, dan juga perempuan kulit berwarna pertama di jabatan itu.

Ketiga, untuk pertama kali dalam 152 tahun presiden yang digantikan tidak hadir dalam pelantikan. Keempat, pelantikan digelar dalam suasana wabah virus corona sehingga banyak undangan yang dibatalkan.

Kalau melihat sejarah, pelantikan presiden Amerika kadang-kadang tidak berlangsung sesuai rencana atau seperti yang lazimnya dilakukan.

Berikut ini lima pelantikan presiden yang paling tidak lazim sebelum era Biden:

Pelantikan di Kabin Pesawat
Wakil Presiden Lyndon B. Johnson dilantik sebagai presiden hanya sekitar 2 jam setelah Presiden John F. Kennedy dibunuh pada 22 November 1963.

Dalam suasana darurat ketika itu, Johnson dilantik di dalam pesawat Air Force One sessat sebelum pesawat lepas landas dari Dallas menuju Washington DC.

728×90 Leaderbord

Foto yang sangat bersejarah tersebut menunjukkan Johnson dilantik oleh Hakim Sarah Hughes sementara istri mendiang Kennedy berdiri di sampingnya menjadi saksi.

Saat itu muncul kekhawatiran bahwa Johnson juga menjadi target pembunuhan sehingga pasukan pengamanan presiden (Paspampres) buru-buru menerbangkan dia dari kunjungan di Dallas kembali ke Washington DC.

Pelantikan Dalam Gedung
Udara yang sangat dingin pada pelantikan Presiden Ronald Reagan untuk kedua kalinya memaksa panitia memindahkan acara ke dalam ruangan di Gedung Capitol, 21 Januari 1985.

Parade pendukung juga dibatalkan dan pelantikan hanya dihadiri beberapa ratus orang.

 

Sekitar 140.000 pemegang tiket acara di luar ruangan batal hadir karena suhu anjlok di bawah nol ditambah angin kencang.

Reagan mengatakan pakar medis dan militer sudah menasihati bahwa tubuh yang terpapar suhu tersebut akan membeku dalam 10 menit sehingga membahayakan keselamatan para pengunjung.

Pelantikan Dini Hari
Pelantikan presiden lazimnya digelar di Gedung Capitol pada tengah hari. Namun, Presiden Calvin Coolidge dilantik pukul 2:30 dini hari tanggal 4 Agustus 1923 di rumah keluarganya di Vermont.

Coolidge ketika itu menjabat wakil presiden dan sedang berlibur di Plymouth Notch ketika mendengar kabar bahwa Presiden Warren Harding wafat.

“Diterangi cahaya pelita minyak tanah, ayahnya yang merupakan seorang notaris memimpin pengambilan sumpah jabatan terhadap Coolidge yang menaruh tangannya di atas Alkitab milik keluarga,” menurut catatan sejarah Gedung Putih.

 

Sang ayah, Kolonel John Coolidge, ditanya apakah seorang notaris seperti dia punya wewenang melantik presiden Amerika yang baru, dan dia menjawab: “Tidak ada seorang pun yang melarang.”

Laso Koboi
Semua orang sangat suka adegan ini, kecuali Paspampres tentunya.

Aktor dan atlet rodeo Montie Montana menjerat Presiden Dwight Eisenhower dengan talo laso sesaat setelah dilantik pada 20 Januari 1953.

Montana – yang pernah tampil di sejumlah film koboi bersama aktor kondang John Wayne — berkuda menuju panggung tempat Eisenhower dilantik dan minta izin untuk melontarkan tali laso.

“Eisenhower dengan patuh berdiri dan si koboi, pada upayanya yang kedua, berhasil menjerat lengannya dari jarak sekitar 15 kaki (5 meter),” tulis kantor berita Associated Press ketika itu.

“Para hadirin menyukai adegan itu dan menyambut dengan gegap gempita.”

 

Namun, belakangan Montana mengakui kepada Los Angeles Times bahwa pasukan Paspampres tidak menganggap hal itu sebagai hiburan.

“Saya beruntung Paspampres tidak menangkap saya,” ujarnya.

Presiden Nekat
Presiden Amerika Serikat ke-9 William Henry Harrison memegang rekor dalam pidato paling lama saat pelantikan.

Dia bicara selama 1 jam 40 menit pada pelantikan tanggal 4 Maret 1841.

Meskipun cuaca dingin dan hujan, Harrison nekat berpidato di luar tanpa mantel.

Dalam acara parade setelah itu dia tidak ganti baju, dan selama beberapa jam berada di luar Gedung Putih untuk menyapa orang-orang saat suhu udara makin dingin.

Tidak lama kemudian Harrison terserang flu yang memburuk jadi radang paru.

Dia wafat sebulan kemudian, atau menjabat hanya selama 31 hari.