pelatih muda satu angkatan di Liga Inggris hanya Steven Gerarrd yang memperoleh kemenangan pada laga pekan ke-12

oleh -1 Dilihat

Dari deretan pelatih muda satu angkatan di Liga Inggris hanya Steven Gerarrd yang memperoleh kemenangan pada laga pekan ke-12, Sabtu (20/11/2021) malam dan Minggu (21/11/2021) dini hari WIB.

Debut Steven Gerrard sebagai pelatih Aston Villa berakhir manis di kandang, Stadion Villa Park. Dua gol dari Ollie Watkins dan Tyrone Mings di 10 menit terakhir laga membuat tuan rumah meraup poin penuh atas Brighton & Hove Albion.

Sebaliknya, Ole Gunnar Solskjaer (Manchester United), dan Mikel Arteta (Arsenal) di-KO lawan-lawan mereka. Kedua tim kalah telak. MU dikandaskan Watford 1-4 sementara Arsenal dilumat Liverpool 0-4.

Sementara itu hasil imbang dilakoni pelatih Crystal Palace, Patrick Vieira dalam pertandingan seru melawan Burnley yang berakhir dengan skor 3-3.

Steven Gerrard adalah pelatih pendatang baru di Liga Primer. Ia baru memulainya bersama Aston Villa. Sebaliknya pertandingan Minggu dini hari tadi ternyata adalah yang terakhir bagi Ole Gunnar Solskjaer bersama MU.

Steven Gerrard Menang, Arteta
Patrick Vieira. (AFP)

Sudah sejak awal tahun suara-suara miring bersahutan menginginkan kepergian Ole. Di Liga Inggris, dalam tujuh penampilan MU terakhir, mereka hanya menang sekali dan sekali seri. Lima laga selebihnya kalah.

Kekalahan yang dialami Setan Merah juga dengan skor cukup mencolok. Misalnya kalah dari Leicester 2-4, dari Liverpool (0-5), dan dari Watford (1-4). Pencapaian tersebut membuat MU masih belum bergerak dari posisi tujuh klasemen dengan selisih gol minus 1.

Prestasi buruk tersebut Ole didepak. Ole mengikuti jejak pelatih muda lainnya, mantan pemain Chelsea Frank Lampard yang tergusur dari bangku pelatih The Blues.

Sedangkan Arteta juga mengalami caci maki serupa Ole ketika pada awal musim Arsenal kalah tiga kali beruturt-turut sehingga ada di dasar klasemen.

Steven Gerrard Menang, Arteta
Mikel Arteta. (AFP)

Namun ia mampu menepis suara-suara minor setelah memberikan 20 poin pada delapan laga berikutnya, yakni enam kemenangan dan dua seri, sebelum akhirnya takluk kepada Liverpool 0-4, Minggu (21/11/2021) dini hari tadi.

Keempat pelatih tersebut relatif masih muda, baik dari sisi umur maupun pengalaman.

Jam terbang mereka tentu kalah ketimbang pelatih Manchester City Pep Guardiola atau Jurgen Klopp (Liverpool).

Steven Gerrard Menang, Arteta
Steven Gerrard. (Twitter/@AVFCOfficial)

Demikian juga bila dibanding dengan David Moyes (West Ham), Brendan Rodgers (Leicester), Thomas Tuchel (Chelsea), atau Antonio Conte (Tottenham Hotspur). Apalagi dengan Claudio Reineri (Warford), Rafael Benitez (Everton), dan Marcello Bielsa (Leed United).

Gerrard, Ole, Arteta, dan Vieira adalah para mantan pemain Premier League papan atas. Nama mereka tak asing bagi penggemar bola karena selalu masuk tim inti di klub masing-.

Vieira bermain untuk Arsenal sejak 1996 hingga 2005. Mantan gelandang timnas Prancis yang kini berusia 42 tahun ini sempat merumput lima tahun di Italia bersama Juventus dan Inter Milan sebelum kembali ke Inggris guna memerkuat skuat Manchester City. Di sini Vieira mengakhiri kariernya sebagai pemain bola profesional pada 2011.

Sama dengan Vieira, Arteta lebih dikenal sebagai pemain Arsenal meski ia pernah bermain di Everton. Pelatih yang kini berusia 39 tahun ini bergabung di bawah asuhan Arsene Wenger pada 2011 hingga pensiun pada 2016.

Sementara itu, Ole berusia 46 tahun. Ia bermain untuk MU selama 11 tahun. Tepatnya sejak kepindahannya dari Molde pada 29 Juli 1996 hingga ia pensiun pada 28 Agustus 2007.

Seperti Ole, Steven Gerrard (41) adalah pemain yang tidak suka berindah-pindah ke lain klub. Lulusan akademi Liverpool ini masuk skuad tim utama pada 1998. Ia bermain 710 kali untuk Liverpool dengan 186 gol di semua kompetisi sampai 2015.

Sebelum pensiun Gerrard sempat mampir ke LA Galaxi (Amerika) selama dua tahun. Selepas mengakhiri karier sebagai pemain profesional Gerrard sempat menjadi pelatih di Akademi Liverpool dan kemudian menangani Glasgow Rangers pada 2018.

Di bawah Gerrard, Rangers menjuarai Liga Utama Skotlandia musim lalu dengan catatan tak terkalahkan. Oleh para pengamat salah satu legenda Liverpool ini dipuji karena dianggap mampu mengubah nasib klub tersebut dan juga menerapkan gaya sepak bola menyerang yang atraktif.

Dari Rangers, Gerrard merambah Premier League setelah manajemen Aston Villa resmi mengumumkan penunjukannya sebagai pelatih baru pada Kamis (11/11/2021) menggantikan Dean Smith.

No More Posts Available.

No more pages to load.