Pemahaman akan keamanan siber menjadi sangat penting di era baru saat ini

oleh -314 views

Pemahaman akan keamanan siber menjadi sangat penting di era baru saat ini. Kita sebagai bagian pengguna aktif layanan digital perlu memahami seperti apa pola prilaku yang ramah dari perlindungan data kita di wilayah daring.

Terlebih serangan siber kian menyasar, yang paling menganggu tentu jika sudah mengancam ranah finansial. Bagi yang inign terbebas dari ancaman tersebut,

berikut beberapa tips praktis dari Kaspersky yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan finansial Anda secara online:

Miliki kartu kredit sementara

Para pelaku kejahatan siber telah mengembangkan teknik dan malware yang sangat canggih sehingga terkadang dapat menggagalkan upaya terbaik Anda untuk berbelanja online secara aman.

Untuk menerapkan upaya lainnya, Anda dapat menggunakan kartu kredit sementara untuk melakukan pembelian online, sebagai pengganti kartu kredit utama. Tanyakan kepada perusahaan kartu kredit Anda apakah memungkinkan untuk mendapatkan nomor kartu kredit sementara.

Namun, jika memungkinkan hindari penggunaan jenis kartu kredit ini untuk pembelian apa pun yang memerlukan pembaruan otomatis atau pembayaran rutin.

Jika kartu kredit sementara tidak memungkinkan, alternatifnya adalah menggunakan kartu kredit dengan limit kredit rendah.

 

Mendedikasikan komputer untuk perbankan dan belanja online

Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer, mungkin bisa diatur pola penggunaan dari perangkat komputasi Anda di rumah. Jadi upayakan satu perangkat khusus hanya untuk penjelajahan Internet, mengunduh file, memeriksa email, jejaring sosial, dan aktivitas online lainnya.

Dan satu perangkat hanya untuk mengakses hal-hal yang berbaru privasi seperti akses ke perbankan misalnya. Melalui cara itu Anda secara efektif membuat komputer Anda ‘bersih’ dan bebas dari virus komputer maupun infeksi lainnya.

Untuk keamanan tambahan dalam berbelanja online yang aman, instal Google Chrome, dengan HTTPS. Ini memastikan Anda untuk hanya mengunjungi situs web yang aman.

Gunakan alamat email khusus

Buat alamat email yang hanya akan Anda gunakan untuk melakukan transaksi belanja online. Ini akan sangat membatasi jumlah pesan spam yang Anda terima dan secara signifikan mengurangi risiko terpapar email berbahaya yang disamarkan sebagai promosi penjualan atau notifikasi lainnya.

 

Kelola dan lindungi kata sandi online

Yang tidak kalah penting tentu perlunya memiliki kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun online.  Tentu kita memahami mungkin sangat sulit untuk mengingat begitu banyak kata sandi yang berbeda, terutama jika kata sandi itu terdiri dari banyak huruf, angka, dan karakter khusus.

Tapi hal ini wajib Anda lakukan,  jadi saranya ialah manfaatkan pengelola kata sandi untuk membantu menyimpan kata sandi yang kuat untuk banyak akun.

Gunakan VPN

Jika Anda benar-benar harus berbelanja online saat menggunakan Wi-Fi publik, instal terlebih dahulu solusi VPN (jaringan pribadi virtual). VPN akan mengenkripsi semua data yang ditransfer antara komputer atau perangkat seluler Anda dan server VPN dapat mencegah peretas membajak dan melihat data sensitif apa pun yang Anda masukkan.

No More Posts Available.

No more pages to load.