Pembangunan Drainase Di Desa Sidodadi Kecamatan Pardasuka diduga Tanpa Papan Nama

0 103

 

Dnewsradio.com,Pringsewu Lampung–Pengerjaan proyek saluran air (drainase) di seputararan Desa Sidodadi Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu diduga kualitas batu yang asal-asalan serta tanpa adanya papan nama proyek.

Pasalnya masyarakat ingin mengetahui kisaran dan besaran nilai pagu proyek tersebut. Yanto salah seorang warga Pekon Sidodadi mengatakan kepada wartawan dnewsradio.com pada sabtu (2/11/2019) bahwa berdasarkan laporan yang di keluhkan oleh sejumlah masyarakat melalui pemberitaan media massa, pengerjaan pembangunan proyek
irigasi mempertayakan soal papan plang proyek.

” Apakah pembangunan proyek tersebut bersumber dari APBN, APBD Propinsi atau APBD Kabupaten..?? kan semuanya menggunakan keuangan negara, jadi wajarkan kalau masyarakat ingin tau” kata yanto

Sedangkan kewajiban memasang plang papan nama proyek tersebut tertuang dalam Praturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012, selain itu ada Permen PU No.12 Tahun 2014 tentang pembangunan drainase, infrastruktur jalan dan proyek irigasi, regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai oleh negara, yang mengatur tentang wajib memasang papan nama proyek.

Ditambahkannya, pentingnya informasi papan nama tersebut, di antaranya memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak, serta jangka waktu atau lama pengerjaanya proyek.

“dengan adanya plang papan nama proyek itu, masyarakat dapat mengawasi secara langsung pengerjaan proyek yang ada di daerahnya, pemasangan papan nama itu adalah bentuk transparansi, kalau tidak ada seperti itu berarti proyek tersebut siluman ” imbuhnya.

Selain itu, warga yang lain yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku bahwa iapun tidak mengetahui pekerjaan proyek drainase tersebut bersumber dari mana,

“saya gak tau pak pak.. itu proyek dari mana, karena plangnya gak ada” tutup warga yang tidak ingin disebutkan namanya.

Sampai berita ini diturunkan pihak pelaksana proyek tersebut, hingga saat ini masih belum bisa dimintai klarifikasinya atas keluhan warga setempat. (Din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ