Pembangunan Kampung Bahari Nusantara, TNI AL Gelar Bakti Sosial Kesehatan di Merauke

oleh -91 views

Dalam rangka pembangunan Kampung Bahari Nusantara (KBN), Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke menggelar bhakti sosial kesehatan gratis di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Merauke, Papua, Selasa (8/6/21).

Komandan Lantamal XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, dalam sambutannya mengatakan, program TNI AL membentuk KBN di wilayah pesisir pantai Merauke memiliki lima bidang atau klaster diantaranya, pendidikan, kesehatan, ekonomi, pariwisata maritim dan ketahanan pangan.
“Hari ini kita laksanakan bidang kesehatan, baksos operasi bibir sumbing gratis untuk masyarakat Merauke dan sekitarnya. Mungkin saat ini bibir sumbing sudah sangat berkurang tapi ternyata masih ada dan butuh penanganan khusus, sehingga kita melihat ini cukup penting,” Brigjen TNI (Mar) Wurjanto.
Dikatakan, sejumlah pasien yang telah terdaftar, namun 15 orang yang lolos screening untuk dioperasi. “Operasi dilaksanakan serentak hari ini. Ruangnya kami pisahkan antara ruang khusus anak, pria dan wanita. Pasien operasi bibir sumbing akan kita rawat inap-kan selama 1X24 jam. Sambil mengobservasi pasca operasi,” ujarnya.
Dalam pelaksanaannya, tim dokter dan para medis dibantu personel Lantamal XI mengatur dengan baik, sehingga seluruhnya senantiasa mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID 19. Sasaran penerima pengobatan gratis ini adalah keluarga tidak mampu.
Sementara itu, Karumkit Lantamal XI Merauke Mayor Laut (K) dr. D. Nursito mengatakanj bahwa operasi bakti kesehatan ini mengerahkan tenaga medis, dokter spesialis bedah plastik, dokter spesialis bedah mulut, dokter anastesi dan tim perawat. Ruangan OK/bedah kita buka dua meja operasi.

No More Posts Available.

No more pages to load.