Pemerintah Amerika Serikat membenarkan kabar akan mengesampingkan Turki dari program penjualan jet tempur

0 27

dnewsmedcenter – Pemerintah Amerika Serikat membenarkan kabar akan mengesampingkan Turki dari program penjualan jet tempur siluman F-35 kepada negara-negara NATO, setelah negara itu membeli sistem pertahanan rudal dari Rusia.

“Disayangkan, keputusan Turki untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia membuat keterlibatannya dengan F-35 menjadi mustahil,” kata Juru Bicara Gedung Putih Stephanie Grisham dalam pernyataan tertanggal 17 Juli 2019.

Jet tempur F-35 itu disebutkan “tidak bisa dihadirkan bersamaan dengan platform pengumpulan intelijen Rusia yang akan dipakai untuk mempelajari kemampuannya yang canggih”.

Grisham mengatakan Washington telah membuat sejumlah penawaran sistem pertahanan Patriot kepada Turki, tetapi Ankara bergeming dan tetap membeli sistem Rusia, berlawanan dengan janji NATO untuk menghindari sistem buatan Rusia.

“Ini akan punya dampak buruk pada kerjasama operasi Turki dengan aliansi tersebut,” imbuhnya.

Turki sebelumnya mengklaim sudah membayar US$ 1,4 miliar (Rp 19,8 triliun) sebagai bagian pembayaran 116 unit F-35 yang mereka pesan.

Namun, Grisham menambahkan bahwa AS masih menghargai hubungan strategis dengan Ankara dan akan terus bekerja sama secara intensif dengan Turki.

Lima hari sebelumnya, Turki menerima pengiriman pertama sistem rudal Rusia meskipun dalam dua tahun terakhir sudah diperingatkan AS dan para negara NATO lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ