Pemerintah Thailand menghabiskan anggaran sebesar 1 miliar baht atau sekitar Rp 445,7 miliar untuk upacara penobatan Raja Maha Vajiralongkorn

oleh -170 views

dnewsradio.com – Pemerintah Thailand menghabiskan anggaran sebesar 1 miliar baht atau sekitar Rp 445,7 miliar untuk upacara penobatan Raja Maha Vajiralongkorn, pada Minggu (5/5/2019).

Pemerintah menyediakan bis-bis gratis untuk orang-orang yang tinggal di luar Bangkok agar bisa datang dan menyaksikan kemeriahan parade, di mana Raja Maha Vajiralongkorn diarak keliling jalan utama Kota Bangkok. Sedangkan di ibu kota, bis dan kereta juga digratiskan.

Acara penobatan Raja Maha Vajiralongkorn berlangsung sampai Senin (6/5/2019) setelah periode resmi perkabungan untuk ayahnya, Raja Bhumibol yang mangkat pada Oktober 2016 setelah berkuasa selama 70 tahun.

Selama 18 bulan kepemimpinannya sejauh ini, Vajiralongkorn telah melakukan konsolidasi atas otoritas monarki termasuk mengambil lebih banyak kontrol langsung atas kekayaan kerajaan yang luas dengan bantuan pemerintah militer Thailand.
menghabiskan anggaran sebesar Raja Vajiralongkorn.

Pemerintah Thailand menyatakan, kerumunan warga yang hadir untuk menyaksikan arak-arakan Raja baru Thailand itu, diperkirakan mencapai 200.000 orang.

“Saya merasa saya harus berada di sini untuk menunjukkan kepada dunia betapa saya menyembah raja,” kata Donnapha Kadbupha (34), yang datang delapan jam lebih awal demi mendapatkan tempat di rute sepanjang prosesi tersebut.

Penobatannya Raja Maha Vajiralongkorn dilakukan di tengah ketidakpastian akan penyelesaian pemilu antara kubu demokratik dan militer.

Sebelum dinobatkan, pada Sabtu (4/5), raja duduk di singgasana emas dengan sembilan payung dan memakai Makota Kemenangan Utama bertakhtakan emas seberat 7,3 kilogram.

Dalam prosesi penobatan sebagai Raja Thailand yang baru pada Minggu (5/5/2019), Maha Vajiralongkorn mengunjungi kuil-kuil Buddha sambil bersalaman dengan rakyat Thailand untuk pertama kalinya yang meneriakkan, “Hidup Raja, hidup Raja!”.

Seusai dinobatkan, Raja Maha Vajiralongkorn diarak melewati jalanan kota Bangkok dengan tandu yang diangkut oleh 16 pria. Raja baru itu mengunjungi tiga kuil kerajaan, dimulai dari Bovoranives yaitu tempat dimana dia menghabiskan waktu 15 hari untuk ditahbiskan sebagai biksu Buddha tahun 1978.

No More Posts Available.

No more pages to load.