Pemkab Tanggamus Gelar Musrenbang 2022 Secara Virtual

oleh -177 views

Tanggamus–Pemerintah Kabupaten Tanggamus melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2022 secara Virtual Meeting di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah, Kamis (25/3/2021).

Hadir mewakili Gubernur Lampung, Sekretaris Daerah Provinsi, Fahrizal Darminto didampingi Kepala Bappeda Provinsi Ir. Mulyadi Irsan, MT, beserta rombongan dan disambut langsung Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, beserta Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, Asisten Bidang Ekobang Sukisno, Inspektur Ernalia, Kepala Bappelitabang Hendra Wijaya Mega, Forkopimda, OPD, Kabag, Camat se-Tanggamus, Unsur Perguruan Tinggi, Dunia Usaha, Instansi Vertikal, BUMN,BUMD, pihak swasta se-Kabupaten Tanggamus, serta insan Pers.

Dalam Laporannya, Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega mengatakan bahwa, Musrenbang Kabupaten Tanggamus Tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2022 telah dimulai sejak bulan Januari 2021 lalu.

“Dengan tahapan, Musrenbang Pekon dan Kelurahan dilaksanakan pada tanggal 13 – 25 Januari 2021 di 299 Pekon dan 3 Kelurahan Kabupaten Tanggamus, Musrenbang Kecamatan dilaksanakan pada tanggal 2 – 19 Februari 2021 di 20 Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus secara virtual, Konsultasi publik dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2021 di ruang rapat utama Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus secara virtual, Forum gabungan perangkat daerah dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 4 Maret 2021 di ruang rapat Bapelitbang Kabupaten Tanggamus juga secara virtual,” kata Hendra Wijaya Mega.

Hendra mengungkapkan, tujuan Musrenbang adalah untuk mensingkronkan prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari hasil musrembang Pekon/Kelurahan, Kecamatan, konsultasi publik dan forum gabungan perangkat daerah dengan rancangan kerja perangkat daerah (Renja -PD) Tahun 2022.

728×90 Leaderbord

“Merumuskan dan memformulasikan isu- isu dan permasalahan pokok pembangunan yang berkembang dalam dokumen rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah RKPD Tahun 2022, serta merumuskan dan menetapkan kebijakan umum anggaran Kabupaten Tanggamus tahun 2002 yang bersinergi dengan kebijakan umum anggaran dan prioritas pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional. Dengan harapan tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan berbagai aspirasi masyarakat,” ungkapnya.

 

Selanjutnya, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menyampaikan bahwa, UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah menegaskan bahwa RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode 1 (satu) tahun, sebagai Penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Strategis Perangkat Daerah yang merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dan dilakukan dengan pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, atas-bawah (top down) dan bawah-atas (Bottom up).

“Rancangan RKPD yang telah dibahas dalam rangkaian forum Musrenbang mulai dari tingkat Pekon/Kelurahan sampai dengan Musrenbang tingkat kabupaten ini, disusun berpedoman pada RPJMD, dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya dan mengacu pada sasaran pembangunan Provinsi Lampung melalui Agenda Kerja Utama Rakyat Lampung Berjaya serta sasaran pembangunan nasional yang dicanangkan melalui 5 arahan Presiden dan 7 Agenda Pembangunan yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024,” terang Bupati.

Bupati mengaku, rancangan awal RKPD Tahun 2022 akan dapat mempertajam capaian sasaran prioritas pembangunan daerah yang selaras dengan sasaran pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional yang dipengaruhi pandemi Covid-19 seperti penurunan Partisipasi angkatan Kerja sebesar 13% dan Pertumbuhan Ekonomi yang mengalami kontraksi -1,77%, sehingga tema pembangunan tahun 2022 yang diangkat yaitu “Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Daerah”.

“Kabupaten Tanggamus telah menginventarisir beberapa isu strategis pembangunan tahun 2022 diantaranya, Isu Strategis Percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional, Isu Strategis Penyelarasan Program pengembangan Kawasan Strategis Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus, Isu Strategis Pengembangan Koridor Ekonomi
Masterplan Percepatan dan Perluasan
Pembangunan Ekonomi Tanggamus (MP3ET), Isu Strategis Penanggulangan Kemiskinan Daerah, Isu Strategis Pembangunan Kualitas Hidup manusia, serta Isu Strategis Penanganan Bencana Alam, Ujarnya”.

Sementara Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Lampung mengatakan Forum Musrenbang, selain untuk menyelaraskan program antar sektor, merumuskan prioritas program dan kegiatan, juga mengingatkan kembali peran dan tugas kita bersama, untuk menghasilkan kegiatan pembangunan yang lebih efektif bagi masyarakat, dan mampu menjawab tantangan lingkungan yang dinamis.

“Tujuan dan sasaran pembangunan antara Pemerintah Kabupaten-Kota, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Pusat harus sejalan. Agregasi capaian pembangunan kabupaten dan kota akan menentukan capaian pembangunan provinsi. Begitu juga capaian pembangunan Nasional merupakan akumulasi kinerja pembangunan seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Karena itu, koordinasi dan sinergi antar jenjang pemerintahan menjadi kunci keberhasilan. Kolaborasi Pemerintah Daerah dengan seluruh pemangku kepentingan pembangunan, komunitas masyarakat, pelaku bisnis, akademisi, pers, dan unsur masyarakat lainnya, harus terus dikembangkan bersama,” terangnya.

Sebagai wujud dukungan dan apresiasi terhadap pembangunan Kabupaten Tanggamus, Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh forum Musrenbang RKPD tahun 2022.

“Harapannya, untuk dapat memetakan strategi dan langkah prioritas yang tepat, yang diharapkan akan memberikan daya ungkit yang kuat, sehingga Kabupaten Tanggamus mampu menjadi penopang sekaligus pendorong laju pembangunan di Provinsi Lampung,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu, dilakukan pemukulan Gong tanda Musrenbang dibuka secara resmi oleh Sekda Provinsi Lampung, serta diisi dengan penyerahan piala dan piagam Tanggamus Award 2021 kepada pelaku usaha serta OPD dan Kecamatan.(Adv).