Pemprov Bengkulu telah menyiapkan tiga rumah sakit dan Mes Pemda untuk merawat warga daerah ini yang terjangkit virus corona

0 33

Pemprov Bengkulu telah menyiapkan tiga rumah sakit dan Mes Pemda untuk merawat warga daerah ini yang terjangkit virus corona atau Covid-19.

Tiga rumah sakit dan Mes Pemda ini dipersiapkan untuk mengantisipasi bila lonjokan warga Bengkulu yang terjangkit virus corona meski di Bengkulu baru ditemukan kasus tingkat ODP dan PDP.

“Kita telah menyiapkan tiga rumah sakit dan Mes Pemda untuk merawat pasien virus corona. Tak hanya itu, Pemprov Bengkulu juga sudah menyiapkan sejumah dokter dan perawat,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu, Herwan Antoni di Bengkulu, Selasa (24/3/2020).

Dijelaskan oleh Herwan, tiga rumah sakit umum yang disiapkan Pemprov Bengkulu unttuk melayani pasien virus corona yakni Rumah Sakit Umum (RSU) Mukomuko, RS Bhayangkara, serta RSU Harapan dan Doa Kota Bengkulu.

Sebelumnya Pemprov Bengkulu juga sudah menunjuk tiga rumah sakit rujukan bagi pasien virus corona, yakni RSUD M Yunus Bengkulu, RSUD Arga Makmur di Bengkulu Utara, dan RSUD Damrah Hasanuddin Manna di Bengkulu Selatan.

Sedangkan Mes Pemda berada di Kota Bengkulu. Tiga RSUD dan Mes Pemda dapat menampung sekitar 1.000 orang pasien yang terjangkit wabah virus corona.

“Jadi, kita sudah siap mengantisipasi pasien terjangkit virus corona di di Bengkulu meski sampai saat kita bersyukur belum ada warga daerah yang positif terjangkit virus ini,” ujarnya.

Herwan menambahkan masing- masing rumah sakit akan dilengkapi alat ventilator untuk merawat pasien Covid-19 tersebut. “Kita membeli sebanyak 25 unit ventilator guna persiapan menghadapi bila terjadi lonjakaan paaien virus corona di daerah ini,’ ujarnya.

Dinkes Bengkulu juga mengajukan permitaan 400 alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang menangani pasien virus corona dan juga sudah memesan ribuan masker untuk dibagikan masyarakat yang membutuhkan.

“Sekarang kita masih menunggu bantuan alat Rapid Test dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) untuk mengecek kesehatan warga yang berpotensi terjangkir virus corona. Jika dari hasil tes mereka sakit mengarah ke terjangkit virus corona maka yang bersangkutan langsung kita tangani sesuai SOP yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Hingga Selasa (24/3/2020) jumlah warga Bengkulu tercatat sebagai ODP virus corona sebanyak 19 orang, status PDP tercatat 3 orang dan 2 sehat serta satu meninggal dunia.

Pasien PDP virus corona warga Kota Bengkulu yang meninggal tersebut belum dapat dipastikan positif terjangkit Covid-19 karena uji sampel belum keluar dari laboratorium Kemkes di Jakarta.

Warga PDP Covid -19 yang meninggal baru satu malam menjalani perawatan di RSUD M Yunus Bengkulu. Sebelum dinyatakan PDP virus corona yang bersangkutan baru kembali dari Yogyakarta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ