Penasihat kesehatan Gedung Putih Dr Anthony Fauci memperingatkan bahwa virus corona 

0 111

Penasihat kesehatan Gedung Putih Dr Anthony Fauci memperingatkan bahwa virus corona kemungkinan telah bermutasi sehingga lebih mudah menular.

Fauci mengatakan riset sedang berjalan dan sejauh ini indikasi mengenai kemungkinan virus telah bermutasi dan implikasinya “sulit terbantahkan”. Virus bermutasi secara alamiah dan pada riset sebelumnya, para ilmuwan menemukan mutasi minor dalam virus corona tetapi mutasi itu dianggap tidak memiliki dampak signifikan pada penularan.

Sedangkan mutasi yang dimaksud Fauci adalah yang dilaporkan oleh peneliti di Los Alamos National Laboratory yang dipublikasikan di jurnal Cell, Kamis kemarin. Ahli virologi di Scripps Research, di Florida juga melaporkan mutasi itu bulan lalu. Dia mengatakan mutasi Covid-19 membuat virus itu lebih menular.

“Data menunjukkan ada mutasi tunggal yang membuat virus mampu mereplikasi diri lebih baik dan kemungkinan memiliki kandungan virus yang lebih tinggi. Kami belum memiliki bukti yang menghubungkan apakah virus ini lebih berbahaya, tetapi tampaknya kemampuan virus mereplika diri menjadi lebih baik dan mungkin lebih menular,” kata Fauci.

Fauci menambahkan para peneliti masih dalam tahap memastikan dugaan itu (lebih cepat menular).

WHO sebelumnya mengatakan tidak semua mutasi virus memiliki dampak signifikan terhadap manusia. Kepala ilmuwan WHO Dr Soumya Swaminathan Kamis kemarin mengatakan mutasi alamiah pada virus merupakan keniscayaan tetapi ada “domain-domain” tertentu di mana mutasi “lebih kritikal”, seperti di bagian duri-duri protein.

Kasus infeksi virus corona (Covid-19) dunia menembus angka 11 juta, pada Jumat (3/7/2020), sekitar pukul 14.40 WIB. Penambahan kasus baru Covid-19 terutama berasal dari Rusia, Meksiko dan Pakistan.

Dari data Worldometers pada Jumat (3/7/2020) sekitar pukul 14.40 WIB, total kasus Covid-19 dunia tercatat sebanyak 11.001.023 orang, di mana 26.602 orang di antaranya merupakan kasus baru. Sedangkan total kematian akibat Covid-19 sebanyak 524.406, di mana 1.164 di antaranya merupakan kasus kematian baru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ