Pendiri Microsoft Bill Gates yang baru berusia 39 tahun tetapi sudah menjadi orang Terkaya di dunia

oleh -256 views

Pada 1995, internet masih hal yang sangat baru, bahkan di Amerika Serikat. Situs-situs internet terlihat seperti dokumen Word dengan warna abu-abu atau putih.

Ketika itu, baru 14% warga Amerika yang menggunakan internet, dibandingkan hari ini di mana kurang dari 10% orang yang tidak menggunakan internet.

Bulan November 1995, pendiri Microsoft Bill Gates yang baru berusia 39 tahun tetapi sudah menjadi orang terkaya di dunia dengan harta senilai US$ 12,9 miliar, muncul di televisi dan diminta menjelaskan soal internet.

Gates hadir di acara “Late Show with David Letterman” stasiun televisi CBS untuk mempromosikan bukunya “The Road Ahead” dan memperkenalkan peramban atau browser Internet Explorer, yang membantu pengguna komputer mengakses internet.

Letterman, yang mengaku tidak punya komputer di rumah, menggunakan kesempatan itu untuk bertanya tentang internet dan apa kegunaannya.

Gates cukup gelagapan dikejar pertanyaan yang bertubi-tubi.

“Apa persisnya internet itu?” tanya Letterman.

“Tempat di mana orang-orang bisa mengakses informasi. Mereka bisa memiliki laman sendiri, di situ ada perusahaan dan informasi terbaru,” jawab Gates.

“Orang bisa kirim surat elektronik, pokoknya yang terjadi sekarang masih liar. Ini hal besar tetapi juga masih baru,” kata Gates.

Letterman masih kurang yakin dengan jawaban itu.

“Saya dengar dalam promosi komputer mereka akan menyiarkan secara langsung sebuah pertandingan bisbol. Anda bisa mendengar secara langsung jalannya pertandingan bisbol di internet. Bukannya sudah ada radio?” kata Letterman.

Gates tertawa mendengar ucapan si pembawa acara.

“Ada bedanya,” kata Gates.

“Apa bedanya?” timpal Letterman.

“Anda bisa mendengarkan siaran bisbol kapan saja Anda mau [lewat internet],” kata Gates.

″Bukannya sudah ada alat perekam?” tanya Letterman lagi.

Gates pun kembali tergelak, tetapi tidak bisa menjelaskan lebih jauh.

Jika melompat ke depan, tentu akan lebih mudah untuk menjawab bahwa internet juga memungkinkan siaran video secara langsung baik pertandingan olahraga, pentas musik, atau peristiwa lain.

Juga belum terbayangkan ketika itu bahwa fungsi-fungsi penting internet tidak eksklusif berada di komputer, tetapi bisa diakses melalui telepon seluler.

Namun, ketika itu infrastruktur yang memungkinkan streaming video belum ditemukan, termasuk jaringan internet kecepatan tinggi.

Gates, yang keluar dari Harvard pada usia 19 tahun untuk membangun Microsoft pada 1975, juga memprediksi hadirnya kecerdasan buatan yang membuat komputer bisa berpikir sendiri, tetapi dia belum yakin benar soal itu.

“Ini muncul sebagai masalah yang rumit. Faktanya, nyaris tidak ada kemajuan di bidang ini, jadi tidak ada yang tahu apa yang bakal terjadi. Sebagian orang berpendapat hal seperti itu [kecerdasan buatan] tidak akan pernah terjadi,” kata Gates.

Setahun kemudian, sebuah supercomputer buatan IBM bernama Deep Blue “menantang” juara dunia catur Gary Kasparov. Hasilnya, otak manusia masih mampu mengalahkan mesin.

Pada 1997 dilakukan pertandingan ulang, setelah kemampuan Deep Blue makin ditingkatkan dan disebut-sebut bisa membuat 200 juta kalkulasi dalam satu detik untuk menentukan langkah terbaik.

Kasparov kalah pada pertandingan terakhir yang menjadi penentu, menyerah hanya setelah 19 langkah.

Berita kemenangan Deep Blue menjadi legenda, meskipun Kasparov selalu mengingatkan bahwa dia pernah menang pada 1996 dan bahwa mesin itu juga diciptakan manusia, para insinyur hebat di IBM.

No More Posts Available.

No more pages to load.