Pendiri Xiaomi, Lei Jun,mengumumkan pembukaan resmi pabrik ponsel pintarnya di Changping, Beijing, China

Pendiri Xiaomi, Lei Jun,mengumumkan pembukaan resmi pabrik ponsel pintarnya di Changping, Beijing, China

Ekonomi60 Dilihat

 Pendiri Xiaomi, Lei Jun pada Minggu (18/2/2024) mengumumkan pembukaan resmi pabrik ponsel pintarnya di Changping, Beijing, China. Pabrik ini tidak hanya merupakan fasilitas manufaktur milik sendiri yang berskala besar, tetapi juga dilengkapi dengan lini produksi yang dikembangkan secara internal, mampu menghasilkan lebih dari 10 juta ponsel pintar per tahun.

Dilansir dari Gizmochina, Minggu (18/2/2024), pabrik ini diumumkan hanya beberapa hari sebelum peluncuran Xiaomi 14 Ultra pada 22 Februari 2024. Lei Jun juga mengkonfirmasi bahwa teknologi inovatif yang digunakan dalam Xiaomi 14 Bay Blue dan 14 Ultra telah diverifikasi di pabrik ini.

Apa yang membuat pabrik ini begitu istimewa? Tingkat pengembangan mandiri yang tinggi mencapai 96,8% untuk pengujian komponen dan peralatan pengemasan, serta 100% untuk perangkat lunak pabriknya.

Tingkat pengembangan internal ini memungkinkan proses produksi yang sangat otomatis dan digital, dengan kemampuan analisis mandiri dan pengambilan keputusan berdasarkan data waktu secara real time.

Ini bukan kali pertama Xiaomi terlibat dalam smart manufaktur. Pabrik cerdas pertama perusahaan yang berlokasi di Beijing Yizhuang mulai beroperasi pada akhir 2019. Namun, pabrik di Changping jauh lebih besar dengan lini produksi generasi kedua untuk telepon pintar dan mencakup segalanya, mulai dari pemasangan hingga pengiriman.