Peneliti mengatakan sakit kepala, sakit tenggorokan, dan pilek menjadi gejala Covid-19 paling sering dilaporkan

oleh -354 views

Peneliti mengatakan sakit kepala, sakit tenggorokan, dan pilek menjadi gejala Covid-19 paling sering dilaporkan. Gejala ini tentu mirip-mirip dengan gejala flu.

Melansir BBC, Profesor Epidemiologi Genetika di King’s College London, Prof Tim Spector, yang menjalankan studi Zoe Covid Symptom, mengatakan tertular Covid-19 varian Delta bisa terasa lebih seperti pilek bagi orang yang lebih muda.

Seseorang yang terinfeks covid-19 varian Delta mungkin merasa tidak sakit parah, padahal bisa jadi mereka bisa menularkan dan membahayakan orang lain.

Lalu bagaimana cara membedakan apakah terinfeksi varian delta, pilek, atau flu? Prof Tim Spector mengatakan gejala covid klasik yang harus diwaspadai ialah batuk, demam, kehilangan bau atau rasa. Jika merasakan gejala tersebut sebaiknya lakukam test PCR dan isolasi mandiri.

Sedangkan Covid-19 varian Delta memiliki gejala yang lebih mirip dengan pilek, seperti sakit kepala, demam, sakit tenggorokan, batuk, flu parah hingga sesak napas. Walau serupa antara gejala flu dan Covid-19, namun flu tidak biasa menyebabkan hilangnya atau perubahan indera perasa dan penciuman. “Sejak awal Mei, kami telah melihat gejala teratas pada pengguna aplikasi – dan mereka tidak sama seperti sebelumnya,” kata Prof Tim Spector.

Perubahan itu tampaknya terkait dengan peningkatan varian Delta, yang pertama kali diidentifikasi di India dan sekarang menyumbang 90% dari kasus Covid di Inggris. “Demam tetap cukup umum tetapi kehilangan penciuman tidak lagi muncul di 10 gejala teratas,” kata Prof Spector

Data menunjukkan bahwa varian Delta setidaknya 40 persen lebih mudah menular daripada varian Alpha yang pertama kali terdeteksi di Kent, Inggris, dan tampaknya menggandakan risiko rawat inap.

Prof Tim Spector mengatakan varian Delta ini nampaknya berbeda. Orang-orang mungkin mengira baru saja terkena flu musiman dan beraktivitas, padahal mungkin menyebar ke enam orang lainnya.

“Kami pikir ini memicu banyak masalah. Pesan di sini adalah bahwa jika masih muda, akan mendapatkan gejala yang lebih ringan. Mungkin hanya terasa seperti pilek atau perasaan ‘tidak enak’ hingga sulit mencium bau tetapi tetaplah di rumah dan lakukan tes,” ujarnya

Tim Spector juga mengatakan, gejala yang timbul akibat infeksi varian Delta terasa seperti flu yang parah.

Menurutnya, gejala Covid-19 yang sebelumnya dianggap sering terjadi seperti batuk dan kehilangan penciuman justru lebih jarang terjadi pada orang yang terinfeksi varian Delta. Sedangkan, pada pasien yang lebih muda, gejala Covid-19 yang lebih dominan adalah pilek atau badan terasa tidak enak atau kelelahan.

No More Posts Available.

No more pages to load.