Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hubungan sosial yang sehat membuat dampak yang lebih besar dalam menghindari kematian dini daripada meminum obat

oleh -420 views

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hubungan sosial yang sehat membuat dampak yang lebih besar dalam menghindari kematian dini daripada meminum obat. Memiliki setidaknya satu teman baik, seperti pasangan, teman atau rekan kerja akan membantumu melalui masalah seperti kecemasan sosial atau depresi.

Bahkan hanya dengan memiliki satu hubungan yang kuat dan sehat dalam hidupmu akan dapat berdampak positif pada kesehatan. Berikut ini adalah beberapa alasan yang menunjukkan orang yang memiliki hubungan sehat bisa bertahan hidup lebih lama daripada yang tidak.

Pensaran seperti apa? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Mengurangi Stres

Berada dalam hubungan yang sehat membuat berkurangnya produksi kortisol atau hormon stres pada seseorang. Ini menunjukkan bahwa orang yang sudah menikah atau berpasangan kurang responsif terhadap stres psikologis, dan bahwa dukungan sosial dan emosional yang datang dengan memiliki pasangan dapat menjadi penyangga yang baik terhadap stres.

Bahkan ada bukti yang menunjukkan bahwa pasangan yang hidup bersama lebih bahagia daripada yang tidak.

Penyembuhan yang Lebih Baik

Menurut penelitian, orang yang sudah menikah yang telah menjalani operasi jantung tiga kali lebih mungkin untuk bertahan hidup dalam tiga bulan pertama setelah operasi daripada yang lajang.

728×90 Leaderbord

Pasien yang sudah menikah juga melaporkan merasa lebih percaya diri tentang kemampuan mereka untuk menangani rasa sakit pasca operasi dan tidak terlalu mengkhawatirkan operasi secara umum. Sedikit dukungan emosional dapat membantu seseorang pulih dari suatu prosedur atau penyakit.

Perilaku Lebih Sehat

Hubungan yang sehat menjadi alasan yang sempurna untuk gaya hidup sehat secara keseluruhan. Jika pasanganmu, teman, atau orang yang kamu cintai menganjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga, tidak merokok, dst.

Kemungkinan besar, kamu akan mengikuti nasihatnya. Jauh lebih mudah untuk mengambil perilaku sehat saat jika dikelilingi oleh orang-orang yang melakukan hal yang sama.

Motivasi Hidup yang Lebih Besar

Merupakan hal yang normal jika seseorang ingin merasa dibutuhkan, dan merasa mereka adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar. Banyak orang berusaha keras untuk merasa bahwa mereka melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain, dan meningkatkan hidup dengan cara tertentu.

Berada dalam hubungan yang penuh kasih dan sejenisnya, dapat memberi seseorang perasaan sejahtera dan motivasi dalam hidupnya.

Demikianlah sekian alasan yang bisa mmebuat seseorang dapat menikmati hidup yang lebih lama karena memiliki hubungan yang sehat. Semoga bermanfaat.